Apakah Kenaikan Emas Ini Terburu-buru ?

JAVAFX – Kenaikan harga emas yang menjangkau level tertinggi dalam sembilan tahun ini di $ 1866,90 pada sesi sebelumnya di Asia. Logam cerah naik sekitar 1,30% pada hari Selasa di belakang aksi jual tanpa henti dalam dolar AS secara keseluruhan, didorong oleh ekspektasi perputaran ekonomi yang lebih cepat sementara investor mendukung kesepakatan fiskal Uni Eropa dan pembicaraan tambahan stimulus AS.

Harga emas mengalami kenaikan mendapat dukungan dari meningkatnya pertikaian AS-Cina setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan mereka ingin membangun koalisi global untuk melawan China. Pompeo menuduh Beijing mengeksploitasi wabah untuk memberi makan motifnya sendiri.

Pada hari berikutnya, logam mulia bisa melihat fase konsolidasi singkat, karena bulls mengambil nafas setelah empat hari nanik berturut-turut. Selain itu, setiap kekecewaan dalam data perumahan AS dan statistik COVID-19 yang mengkhawatirkan dapat membebani sentimen pasar yang lebih luas dan mendorong kembalinya dolar. Dalam kasus seperti itu, emas dapat mengambil risiko koreksi sebelum melanjutkan tren naik menuju rekor tertinggi $ 1920.

Laju kenaikan emas tetap tak terbendung, setelah naik hampir $ 15 dalam hitungan 15 menit. Harga emas di pasar spot bahkan mententuh level tertinggi dalam sembilan tahun pada $ 1866,90. Faktor utama kenaikan harga emas ini adalah melemahnya Dolar AS secara terus  menerus di seluruh papan perdagangan. Ini menjadi pertanda baik untuk emas, dimana pasar menyambut perundingan stimulus tambahan anggaran AS dan kesepakatan fiskal Uni Eropa.

Para pialang tetap berharap bahwa stimulus ekonomi global besar-besaran dikerahkan akan membantu tahap rebound lebih cepat. Harapan ini terus mengurangi tawaran safe-haven untuk dolar AS. Sebagaimana menurut TD Securities, “Dolar AS telah turun karena dunia terlihat sedikit lebih baik. Suku bunga telah jatuh melintasi kurva hasil dan itu lagi adalah faktor lain yang membantu emas. ”

Secara teknis, melihat pergerakan harga emas pada grafik harian terindikasi kehati-hatian pelaku pasar. Emas memang makin mendekati resistance wedge selama empat bulan di $ 1869. Sementara itu, Indeks Kekuatan Relatif harian (RSI) telah memasuki wilayah overbought untuk pertama kalinya sejak akhir Februari, yang dapat membunyikan alarm untuk pembeli.

Oleh karena itu, logam cerah berisiko bergerak korektif lebih rendah dari perspektif teknis sementara investor dapat mengambil untung setelah kenaikan kuat. Harga bisa berbalik ke arah zona resistensi kuat minggu lalu di sekitar level $ 1818-20 dalam waktu dekat jika gagal untuk bertahan di atas rendah intraday di $ 1840,66.

Dukungan berikutnya menunggu di $ 1803,87, yang merupakan dukungan kenaikan kritis. Penembusan di bawah yang terakhir akan memvalidasi formasi dan menyerukan pembalikan dalam tren bullish yang sedang berlangsung. Simple Moving Average (DMA) 21-hari yang miring ke atas pada $ 1795,69 akan menjadi pilihan terakhir bagi para bull.

Namun, jika pembeli emas menentang level resisten ini, maka harga $ 1880 patut diuji kembali.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Ingin Naikkan Pajak Perusahaan AS untuk Biayai Rencana Infrastruktur

Presiden AS Joe Biden ingin menaikkan tarif pajak penghasilan perusahaan untuk membantu membiayai anggaran infrastruktur senilai $2,3 triliun yang diusulkannya, tetapi puluhan perusahaan terbesar...

Imbal Hasil Treasury AS 10-Tahun Turun, Dolar Masih Konsolidasi

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun sedikit berubah pada 1,66% pada hari Kamis karena saham global terus diperdagangkan di sekitar tertinggi sepanjang masa dan investor...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Proposal Infrastruktur $2 Triliun yang Diajukan Biden Hadapi Tantangan

Presiden Amerika Joe Biden baru-baru ini mengumumkan rencana pengeluaran $2 triliun yang bertujuan untuk memodernisasi jalan raya dan jembatan di Amerika, di antara berbagai...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502