Arab Saudi Diperkirakan Akan Menaikkan Harga Jual Minyaknya Kembali

Pengekspor minyak utama Arab Saudi dapat menaikkan harga minyak mentah ringan ke Asia untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Agustus didukung oleh rekor margin sulingan dan premi spot yang kuat untuk minyak Timur Tengah bulan ini. Harga jual resmi (OSP) untuk minyak mentah Arab Light andalan Saudi bisa naik sekitar $2,4 per barel dari bulan sebelumnya, menurut sembilan sumber penyulingan yang disurvei oleh Reuters pada 28-29 Juni.

Kenaikan harga akan mendorong OSP Agustus mendekati level rekor, yang ditetapkan ketika minyak mentah Arab Light Mei mencapai $9,35 per barel.

“Margin pemurnian sangat solid dan kami memperkirakan permintaan akan tetap kuat dalam waktu dekat,” kata salah satu responden. Sebagaimana diketahui bahwa keuntungan untuk bensin, solar, dan bahan bakar jet di Asia melonjak ke rekor pada bulan Juni bersamaan dengan kebangkitan permintaan perjalanan di tengah pelonggaran pembatasan COVID-19.

Harga premi spot minyak mentah Oman dan Dubai asam sedang telah naik ke level tertinggi sejak pertengahan Maret, sementara Murban asam ringan melonjak ke rekor minggu lalu. Perubahan bulanan dalam spread harga bulan pertama dan ketiga untuk patokan Timur Tengah Dubai biasanya memandu berapa banyak Saudi dapat menaikkan atau memotong OSP Arab Light.

Bulan ini, spread melebar dengan rata-rata $2,47 per barel dalam kemunduran – fase pasar ketika harga yang cepat lebih tinggi daripada di bulan-bulan mendatang, menunjukkan pasokan yang ketat.

Produsen utama Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah menandai kapasitas cadangan yang terbatas untuk lebih meningkatkan produksi, sementara kerusuhan politik di Libya dan Ekuador dapat semakin memperketat pasokan minyak.

Sementara itu, China mengeluarkan 52,7 juta ton kuota impor minyak mentah segar untuk penyulingan independennya, naik 49% dari jatah yang sama tahun lalu. Itu akan memungkinkan pembeli China untuk mengambil lebih banyak kargo minyak mentah dari pasar global yang sudah ketat, semakin menaikkan harga.

Untuk grade lainnya, responden survei Reuters memperkirakan OSP untuk Arab Medium naik $0,50 menjadi $3,00 per barel, dan Arab Heavy naik $0,50 menjadi $2,90 per barel.

OSP untuk Arab Extra Light, yang biasanya mengikuti harga Murban, terlihat naik sebanyak $5,35 per barel. Premi spot rata-rata IFAD Murban terhadap harga Dubai meningkat $4,38 per barel di bulan Juni dari bulan sebelumnya. OSP minyak mentah Saudi menetapkan tren untuk harga Iran, Kuwait dan Irak, mempengaruhi sekitar 9 juta barel per hari (bph) minyak mentah yang menuju Asia.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.