AS Batasi Visa Pejabat China yang Diduga Langgar HAM

Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan pembatasan visa tambahan terhadap para pejabat China yang diduga melakukan pelanggaran HAM.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan dalam pernyataan Senin (21/12) bahwa pembatasan visa itu berdampak pada para pejabat China yang diyakini AS bertanggung jawab atau ikut terlibat dalam “menekan para praktisi agama dan spiritual, para anggota kelompok minoritas etnik, pembangkang, pembela HAM, jurnalis” dan lain-lain.

“Penguasa otoriter China memberlakukan pembatasan keras terhadap rakyat China untuk memiliki hak atas kebebasan berekspresi, kebebasan beragama atau memiliki keyakinan, berserikat dan hak berkumpul dengan damai.

AS selama ini jelas bahwa para pelanggar HAM seperti itu tidak diterima di negara kami,” katanya.

Pompeo mengatakan para anggota keluarga individu yang ditarget juga bisa menghadapi pembatasan visa.

Langkah itu muncul pada bulan terakhir pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Juga muncul ketika hubungan AS-China menjadi semakin tegang terkait berbagai isu, termasuk cara penanganan virus corona oleh China, UU keamanan nasional baru di Hong Kong, dan ketegangan di Laut Cina Selatan.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Minyak Melonjak, Tertinggi 11 Bulan Ini

JAVFX - Harga minyak mencapai level tertinggi dalam 11 bulan tepat di bawah $ 57 per barel pada perdagangan di hari Selasa (12/01/2021), didukung...

Presiden terpilih Biden terima dosis kedua vaksin COVID-19 Pfizer

Presiden terpilih AS Joe Biden pada Senin (11/1) menerima dosis kedua vaksin COVID-19, empat minggu setelah dia diberikan suntikan pertama. Biden disuntik dosis kedua vaksin...

Latihan militer, Iran tembakkan rudal jarak jauh ke Samudera Hindia

Garda Revolusioner Iran, Sabtu, menembakkan rudal balistik jarak jauh ke perairan Samudera Hindia dalam sebuah latihan militer hari kedua, demikian menurut laporan media pemerintah. Latihan...

Kali kedua Trump dimakzulkan, 10 Republikan menyetujui

Donald Trump, Rabu (13/1) tercatat sebagai presiden AS pertama dalam sejarah yang mengalami pemakzulan sebanyak dua kali, dan 10 anggota Dewan Perwakilan dari Partai...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502