Bagaimana Rata-rata Pergerakan Dolar AS Minggu Ini ?

Kita dapat melihat pergerakan rata-rata dollar AS di lihat dari dollar index yang merupakan pergerakan dollar AS terhadap enam mata uang lainnya. Dolar index terlihat stabil, pasca rilis tenaga kerja AS Jumat malam lalu di kisaran level 1495.00-1515.00 karena data tenaga kerja AS yang di rilis terlihat mixed yaitu data tingkat pengangguran terlihat membaik karena tingkat pengangguran AS turun dari 3.7% menjadi 3.5% sedangkan data tenaga lainnya memburuk yaitu data perubahan tenaga kerja di luar sector pertanian turun dari 168.000 ke 136.000, jauh di bawah prediksinya 145.000 dan data pendapatan perjam rata-rata turun dari 0.4% ke 0.0%.

Namun fokus pasar saat ini adalah kepada perundingan dagang antara AS dan Cina yang akan di lakukan tanggal 10-11 Oktober 2019 ini dan beberapa pernyataan pejabat The Fed termasuk Ketua The Fed, Jerome Powell pada minggu ini yang akan sangat menentukan arah apakah suku bunga AS akan di pangkas atau tidak.

Terkait perundingan dagang ini, para pelaku pasar masih wait and see mengamati yang terjadi baik sebelum perundingan ini ataupun sesudahnya. Cina sepertinya terlihat enggan sepakat dengan draft proposal dari AS yang menginginkan agar pemerintah Cina menghentikan subsidi yang di berikan kepada pengusaha industry yang menurut laporan financial Times di bulan Mei 2019 melaporkan bahwa Cina memberikan subsidi hingga 22.3 juta dollar AS pada tahun 2018, naik 14% dari tahun sebelumnya.

Mengenai suku bunga The Fed, berdasarkan CME FedWatch, prediksi akan adanya pemangkasan suku bunga The Fed sebesar 25 bps di akhir tahun ini semakin besar yaitu 73%. Karena itu, pelaku pasar sangat perhatian kepada adanya pernyataan-pernyataan para pejabat The Fed minggu ini termasuk pernyataan Jerome Powell.

Bagaimana arah pergerakan Dolar AS selanjutnya ? Mari kita cermati perundingan dagang AS dan Cina serta beberapa pernyataan pejabat The Fed minggu ini. Saat ini, berdasarkan time frame mingguan, dollar index masih terlihat akan menguat menuju level 99.45 pada bolinger atas 20 weekly dengan koreksi turun sebatas level 98.60 pada MA 5 weekly.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.