Bank of England Meeting

Apa itu MPC Bank of England Meeting?

Pertemuan Komite Kebijakan Moneter Bank of England (MPC) adalah sesi reguler yang diadakan oleh MPC dalam menetapkan tingkat suku bunga dasar Inggris (dan kebijakan moneter lainnya). Komite ini bertujuan untuk menentukan suku bunga yang mampu mencapai target inflasi pemerintah tercapai., dimana target ini saat ini adalah 2%.

Kapan pengumuman tingkat suku bunga berikutnya?

Rapat MPC berlangsung selama tiga hari dalam seminggu sebelum pengumuman. Berikut ini merupakan jadwal pertemuan MPC Bank of England di tahun 2018:

Tanggal Pengumuman MPC Minutes Rilisan Laporan Inflasi
8 February
22 March X
10 May
21 June X
2 August
13 September X
8 November
20 December X

Bagaimana pertemuan Bank of England mempengaruhi pedagang?

Pertemuan MPC merupakan tanggal penting dalam kalender pedagang CFD, karena mereka menetapkan tingkat suku bunga resmi di Inggris.

Suku bunga Inggris ini adalah tingkat di mana Bank akan meminjamkan uang kepada bank umum. Namun hal itu juga mempengaruhi tingkat yang ditetapkan oleh bank umum dan kreditor lainnya, yang menyebabkan efek di seluruh ekonomi Inggris. Ini termasuk perubahan permintaan untuk obligasi, saham, mata uang dan sekuritas lainnya, serta belanja konsumen dan inflasi.

Komite juga memutuskan apakah pelonggaran kuantitatif tetap diperlukan. Ini adalah ukuran yang dapat digunakan Bank untuk menyuntikkan uang secara langsung ke perekonomian dengan tujuan meningkatkan pengeluaran. Pedagang dan investor perlu memperhatikan pertemuan MPC dan menyesuaikan strategi investasi dan portofolio mereka dalam menanggapi keputusan kebijakan.

Dengan cara apa MPC mempengaruhi inflasi?

MPC bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan moneter, dengan tujuan untuk memenuhi target inflasi pemerintah. MPC memiliki dua alat kebijakan yang dapat digunakan untuk mempengaruhi tingkat inflasi. Ini adalah BOEBR (Bank of England Base Rate) dan fasilitas pembelian aset (asset purchase facility), yang keduanya memungkinkan Bank untuk mempengaruhi pasokan uang di seluruh ekonomi.

Bank of England Base Rate (BOEBR), yang juga dikenal sebagai bank resmi, adalah suku bunga yang dibebankan oleh BoE kepada bank komersial untuk pinjaman overnight. Ini adalah tingkat dasar bunga untuk ekonomi Inggris dan memiliki dampak yang kuat pada suku bunga jangka pendek dan jangka panjang yang dikenakan oleh bank umum.

Ketika tingkat suku bunga diturunkan, bank umum didorong untuk meminjam lebih banyak uang dari BoE dan menurunkan suku bunga mereka sendiri. Hal ini mengurangi biaya pinjaman untuk bisnis dan konsumen, memungkinkan mereka untuk meminjam dan menghabiskan lebih banyak. Sebaliknya, jika tingkat suku bunga naik, meminjam uang dari BoE tidak dianjurkan, menyebabkan bank menaikkan suku bunga sendiri. Hal ini meningkatkan biaya modal untuk bisnis dan konsumen, membuat pinjaman lebih mahal dan meningkatkan tabungan.

Efek ini bergejolak di seluruh ekonomi global, mempengaruhi pasar keuangan, suku bunga FX, dan akhirnya faktor ekonomi seperti pengangguran dan inflasi.

Sementara itu, Quantitative easing (QE) atau Pelonggaran Kuantitatif adalah proses dimana bank menciptakan uang baru secara elektronik dan menggunakannya untuk membeli aset. Program QE BoE disebut dan fasilitas pembelian aset (asset purchase facility) dan terutama digunakan untuk membeli obligasi pemerintah dari sektor swasta, ditambah sejumlah obligasi komersial yang berkualitas tinggi.

Penyuntikan uang tunai ke dalam ekonomi ini meningkatkan permintaan akan aset yang dibeli, menyebabkan harga mereka naik dan hasil panen mereka turun. Mereka yang menjual obligasi karena itu akan melihat untuk menginvestasikan hasil di tempat lain untuk memaksimalkan laba mereka, menghasilkan efek pengganda uang. Oleh karena itu, hasil suntikan tunai ini bervariasi, mempengaruhi pengeluaran dan likuiditas aset di seluruh ekonomi dan mengurangi biaya pinjaman untuk bisnis dan konsumen.

Jika tingkat inflasi meningkat melebihi target pemerintah, MPC memiliki kemampuan untuk menjual sebagian atau seluruh asetnya untuk membalikkan efeknya.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.