Berikan Pidato, Biden Jelaskan Keputusan Akhiri Perang di Afghanistan

Presiden Joe Biden berpidato ke seluruh negara hari Selasa (31/8) tentang keluarnya AS dari Afghanistan setelah berlangsung perang 20 tahun yang mengalami kegagalan dan yang dia janjikan akan akhiri – namun kekacauan pada hari-hari terakhir perang itu kini membayangi kepresidenannya.

Presiden dari Partai Demokrat itu menyampaikan pidatonya pada pukul 14:45 waktu setempat, demikian diumumkan oleh Gedung Putih, menandai sebuah penundaan dari penjadwalan semula pidato itu.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden akan menyampaikan terima kasih kepada militer atas evakuasi “berbahaya” dari Kabul sekaligus “menjelaskan keputusannya untuk mengakhiri perang di Afghanistan setelah 20 tahun, termasuk keputusan sulit yang dibuat selama tujuh bulan terakhir sejak ia menjabat.” Keluar dari “perang tanpa henti” terakhir pasca-9/11 merupakan salah satu janji kampanye terbesar Biden.

Ide itu sangat populer.

Lebih dari 2.400 kematian militer AS, ribuan terluka dan sekitar $2,3 triliun dihabiskan bagi upaya yang dimulai dengan kemenangan atas Taliban, tetapi berakhir dengan para pemberontak yang sama, kembali ke tampuk kekuasaan, dan Amerika telah kehilangan minat untuk melanjutkannya.

Namun kepergian dari Afghanistan, yang berpuncak pada sebuah pesawat terbang tunggal yang berangkat tengah malam dari Kabul dengan sejumlah pasukan dan diplomat terakhir, mengesankan bagi banyak kalangan bahwa “penarikan” pasukan itu benar-benar merupakan sebuah kekalahan.

Joe Biden kini bertanggung jawab atas kekalahan itu, kini berada di dalam teritori berbahaya’ dari sudut pandang politik.

Setelah selama dua minggu menyelenggarakan penerbangan evakuasi, sebuah usaha besar yang dinodai oleh bom bunuh diri menewaskan 13 anggota militer AS dan sejumlah warga Afghanistan, Biden menyerahkannya kepada Pentagon dan Departemen Luar Negeri untuk mengumumkan akhir dari perang itu pada Senin (30/8).

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected].co.id

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.