Biden: Asuransi Simpanan Federal dapat Dijadikan Jaminan Jika Bank Gagal Bayar

0
31

Presiden Joe Biden mengatakan pada Jumat (24/3) bahwa asuransi simpanan federal dapat dijadikan jaminan untuk simpanan di atas $250.000 jika bank Amerika Serikat (AS) lainnya gagal.

Namun Biden yakin bank AS berskala menengah akan bertahan dari volatilitas sektor perbankan saat ini.

Biden mengatakan bank-bank AS dalam kondisi “cukup” baik dan tabungan masyarakat juga dalam kondisi aman.

Ia tidak melihat industri perbankan akan mengalami krisis.

“Jika kami menemukan bahwa ada lebih banyak ketidakstabilan daripada yang terlihat, kami akan berada dalam posisi untuk membuat FDIC menggunakan kekuatan yang dimilikinya untuk menjamin (deposito) di atas $250.000 seperti yang sudah mereka lakukan,” kata Biden kepada wartawan dalam konferensi pers di Ibu Kota Kanada, Ottawa.

Pemberi pinjaman regional di AS menghadapi krisis kepercayaan setelah jatuhnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank pada bulan ini.

Gejolak tersebut mendorong regulator melakukan langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yaitu menjamin simpanan SVB dan Signature.

Dalam beberapa hari terakhir, Biden, Menteri Keuangan AS Janet Yellen, dan regulator perbankan lainnya mengeluarkan pernyataan untuk meyakinkan publik bahwa sistem perbankan AS aman.

Namun, investor tetap menjual saham-saham perbankan dalam dua minggu terakhir.

Sejumlah pihak menilai kenaikan suku bunga yang cepat untuk mengendalikan inflasi sebagai akar penyebab bencana krisis perbankan itu.

Kesepakatan penyelamatan yang ditengahi pemerintah Swiss untuk Credit Suisse semakin membuat takut investor.

Biden mengatakan perlu beberapa saat agar situasi menjadi tenang, tetapi dia mengatakan apa yang terjadi dengan Credit Suisse di Eropa tidak berdampak bagi bank-ban