Biden berlakukan UU Produksi Pertahanan atasi krisis susu formula bayi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (18/5) memberlakukan Undang-Undang Produksi Pertahanan untuk mendongkrak produksi susu formula bayi dan menyetujui penerbangan membawa masuk susu itu dari luar negeri di tengah kelangkaan nasional.

“Presiden mewajibkan para pemasok untuk mengarahkan sumber daya yang diperlukan ke produsen susu formula bayi terlebih dulu sebelum pelanggan lain yang mungkin telah memesan barang itu,” urai lembar fakta Gedung Putih.

“Mengarahkan perusahaan-perusahaan untuk memprioritaskan dan mengalokasikan produksi input susu formula bayi utama akan membantu meningkatkan produksi dan menambah kecepatan dalam rantai pasokan,” sebut Gedung Putih.

Biden juga telah mengarahkan Departemen Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan serta Departemen Pertanian untuk menggunakan pesawat komersial milik Departemen Pertahanan guna mengangkut susu formula bayi dari luar negeri yang memenuhi standar kesehatan dan keamanan AS, “agar barang itu bisa sampai ke rak toko lebih cepat.” Gangguan rantai pasokan yang dipicu oleh COVID-19 telah mengakibatkan rendahnya level stok susu formula bayi.

Namun, masalah itu menjadi semakin parah setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) AS melakukan penarikan produk susu formula bayi Abbott secara luas dan menutup sebuah fasilitas Abbott Nutrition pada Februari setelah sejumlah bayi jatuh sakit akibat infeksi bakteri dan dua bayi meninggal.

Pada pekan yang berakhir 8 Mei, tingkat ketiadaan stok susu formula bayi di seluruh wilayah negara itu mencapai 43 persen, naik 12 persen dari angka April, menurut data statistik Datasembly, yang melacak suplai secara real time.

Analisis data hiperlokal real-time yang dilakukan Datasembly menunjukkan bahwa stok susu formula bayi relatif stabil pada paruh pertama 2021, dengan fluktuasi ketiadaan stok antara 2-8 persen.

“Isu ini diperparah oleh berbagai tantangan dalam rantai pasokan, penarikan produk, dan inflasi historis,” menurut CEO Datasembly Ben Reich.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.