Biden Berusaha Lewati Badai Politik Pasca Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan

Presiden Amerika Joe Biden tetap teguh di tengah-tengah badai politik yang dipicu oleh pengambilalihan kekuasaan secara cepat oleh Taliban di Afghanistan, serta akhir perang Amerika paling lama disana yang penuh kekacauan.

Ketika membela rencana penarikan Amerika dari Afghanistan yang diumumkannya pada April lalu, Biden mengatakan kepada George Stephanopoulos dari ABC News bahwa penarikan mundur militer merupakan “pilihan mudah” dan dilaksanakan secara efektif.

Presiden menegaskan bahwa tidak ada pihak yang bisa mengantisipasi sebuah pengambilalihan Taliban yang sedemikian cepatnya, sebuah kemungkinan yang berulang kali ditampiknya sejak mengumumkan penarikan Amerika itu.

“Gagasan bahwa Taliban akan mengambil alih didasarkan pada asumsi bahwa 300 ribu pasukan Afghanistan yang kita latih dan perlengkapi akan ambruk, mereka akan menyerah, saya rasa tak seorangpun mengantisipasi hal itu,” kata Biden.

Namun kegagalan untuk mengevakuasi personil Amerika dan mitra Afghanistan secara tertib, dan ambruknya dengan cepat pemerintahan yang didukung Amerika telah memunculkan keragu-raguan dengan perhitungan kebijakan luar negeri Biden.

Apalagi ini merupakan bidang kepakaran Biden yang selama bertahun-tahun berperan di dalam Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

“Ini merupakan kegagalan kepemimpinan, sebagian besar kegagalan dari pemikiran dan perencanaan yang matang,” kata Michael O’Hanlon, peneliti kebijakan luar negeri senior di Brookings Institution.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.