Biden Isyaratkan Pendekatan Korea Utara yang Lebih Fleksibel

Donald Trump mendekati Korea Utara dengan ancaman-ancaman “kemarahan dan ketegangan” disusul pertemuan puncak yang menjadi tontonan di televisi dengan pemimpinnya, Kim Jong Un.

Bagi Barack Obama, pendekatannya adalah “kesabaran strategis,” yang berupaya menggunakan tekanan ekonomi dan militer yang terus-menerus untuk meyakinkan Pyongyang agar kembali ke perundingan.

Sekarang Presiden Joe Biden mencoba apa yang digambarkan pejabat Amerika Serikat (AS) sebagai jalan tengah antara pendekatan para pendahulunya, yang mereka akui gagal mencapai tujuan AS.

Pejabat Gedung Putih akhir pekan lalu memaparkan garis besar strategi Korea Utara Biden, setelah peninjauan internal selama berbulan-bulan.

Berdasarkan rencana Biden, AS akan mempertahankan tekanan pada Korea Utara untuk menyerahkan senjata nuklirnya, tetapi juga akan melakukan pembicaraan – dan mungkin bahkan kesepakatan tingkat menengah untuk membantu mencapai tujuan itu.

Tergantung pada bagaimana strategi itu nantinya dilaksanakan, itu bisa mencerminkan perubahan yang signifikan dalam cara AS menangani salah satu tantangan kebijakan luar negerinya yang paling mendesak.

Sebagian besar pemerintahan AS telah menghindari pendekatan bertahap untuk denuklirisasi, karena khawatir Korea Utara akan menipu setiap kesepakatan sementara dan dengan demikian mendapatkan waktu yang berharga untuk membangun program nuklirnya.

Namun, pemerintahan Biden tampaknya terbuka untuk hubungan yang lebih baik, meskipun tanpa kesepakatan besar dengan Korea Utara.

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, pada Jumat (30/4) mengatakan AS akan mengupayakan “pendekatan praktis yang terkalibrasi” yang akan menjajaki “pilihan-pilihan untuk diplomasi”.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Emas Menguat, Data NFP Hambat Kenaikan Suku Bunga

Emas perlahan menguat pada hari Senin dan diperdagangkan di dekat level puncak tiga bulan yang dicapai minggu lalu. Kenaikan emas ini menyusul hasil yang mengecewakan pada data pekerjaan AS dan mendukung harapan bahwa suku bunga masih akan rendah untuk beberapa waktu.

Ketua DPR Optimistis dengan RUU Infrastruktur Biden

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, Rabu (12/5), memuji pertemuan antara para pejabat Gedung Putih dan para wali kota dari Los Angeles, Kansas...

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Jajak Pendapat AP-NORC: Popularitas Biden Konsisten

Jajak pendapat oleh AP-NORC menunjukkan optimisme orang Amerika secara keseluruhan semakin meningkat mengenai keadaan negara mereka. Lima puluh empat persen mengatakan negara itu berada di...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502