Biden: Kebijakan AS soal Taiwan Tak Berubah

0
35

Para pemimpin The Quad – Amerika, Australia, India dan Jepang – hari Selasa (24/5) menandai pembentukan program beasiswa “The Quad Fellowship” dalam pertemuan di Tokyo.

Program ini akan mensponsori 100 warga Amerika, Australia, India dan Jepang untuk belajar di Amerika setiap tahun untuk meraih gelar sarjana dalam bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM).

Dalam sesi foto bersama, Presiden AS Joe Biden berulangkali ditanya wartawan tentang pernyataan yang disampaikannya sebelumnya terkait Taiwan.

Biden pada hari Senin (23/5) menyampaikan pernyataan blak-blakan bahwa Amerika akan melakukan intervensi militer jika China ingin menyerang Taiwan, dengan mengatakan dorongan untuk melindungi Taiwan “bahkan lebih kuat” setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Gedung Putih bersikeras bahwa pernyataan Biden tentang Taiwan itu tidak akan mengubah kebijakan Amerika atas Pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dan diklaim China sebagai bagian dari negara itu.

Dalam sesi foto bersama, Biden kembali menggarisbawahi bahwa kebijakan Amerika tidak berubah, tetapi tidak memberi rincian lebih jauh.