Biden mungkin datangi zona demiliterisasi Korea bulan ini

Presiden Amerika Serikat Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk mendatangi Zona Demiliterisasi (DMZ) Korea jika ia berkunjung ke Asia bulan ini, kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Kamis (12/5).

Biden dijadwalkan melakukan lawatan ke Korea Selatan dan Jepang pada 20-24 Mei dan melakukan pembicaraan dengan mitra-mitra di kedua negara itu.

Psaki mengatakan Gedung Putih –kantor presiden AS– sedang menyempurnakan jadwal kunjungan Biden itu di Asia.

Banyak pejabat tertinggi negara asing yang ketika melakukan lawatan ke kawasan tersebut mendatangi DMZ, yang memisahkan Korea Utara dan Korea Selatan dan beberapa mantan presiden AS juga pernah berkunjung ke zona tersebut.

Namun, mantan Presiden AS Donald Trump menjadi presiden pertama AS yang telah bertemu dengan pemimpin Korea Utara di DMZ.

Perjumpaan itu terjadi ketika Trump melakukan pertemuan ketiga dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un pada Juni 2019 sebagai bagian dari upayanya –yang tidak berhasil– untuk membujuk Kim menghentikan program nuklir dan rudal.

DMZ kerap digambarkan sebagai tapal batas terakhir dunia peninggalan Perang Dingin.

Zona tersebut sudah ada sejak Perang Korea pada 1950-1953.

Perang tersebut berakhir dengan gencatan senjata –bukan dengan perjanjian perdamaian.

Psaki, sementara itu, mengulang perkiraan yang dibuat AS bahwa Korea Utara kemungkinan siap melakukan tes nuklir ketujuh kalinya pada awal Mei.

Korut belum pernah lagi menguji coba bom nuklir sejak 2017, namun sudah melanjutkan pengujian peluru kendali balistik antarbenua tahun ini.

Pejabat pada kantor presiden Korea Selatan juga mengatakan bahwa Korut tampaknya siap melakukan tes baru nuklir dan kemungkinan akan meluncurkan lebih banyak rudal sebelum tes tersebut, menurut laporan kantor berita Korsel, Yonhap.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.