Biden Nominasikan Kerry Sebagai Utusan Khusus Presiden Urusan Iklim

Tim transisi presiden terpilih AS Joe Biden pada Senin (23/11) mengatakan, mantan Menteri Luar Negeri John Kerry akan diangkat sebagai utusan khusus presiden urusan iklim.

Langkah itu mengisyaratkan bahwa Biden memandang keterampilan diplomatik merupakan hal penting bagi pekerjaan itu.

Kerry akan mendapat tempat dalam Dewan Keamanan Nasional (NSC) di Gedung Putih.

Ini menandai pertama kalinya seorang pejabat akan didedikasikan pada isu itu dalam organisasi tersebut, kata tim transisi Biden dalam pernyataan.

NSC telah memainkan peranan kebijakan luar negeri yang berpengaruh sejak dibentuk pada 1947 di bawah pemerintahan Presiden Harry Truman.

Biden telah berjanji akan memutar balik (mengubah) kebijakan iklim Presiden Donald Trump yang meragukan ilmu iklim arus utama.

Trump menarik AS keluar dari perjanjian iklim Paris pada 2015, dan mencabut regulasi iklim dan lingkungan era Barack Obama soal pengeboran, pertambangan dan manufaktur.

Kerry, 76, pernah menyebut perubahan iklim sebagai “senjata pemusnah massal paling ditakutkan di dunia,” ketika menjabat sebagai Menlu di bawah pemerintahan Obama.

Penunjukan Kerry sebagai utusan iklim “mengirim isyarat yang sangat kuat mengenai pentingnya aksi terkait iklim bagi pemerintahan mendatang,” kata Paul Bodnar, mantan direktur senior energi dan iklim di bawah pemerintahan Obama.

Akhir tahun lalu, Kerry meluncurkan World War Zero, sebuah kelompok bipartisan beranggotakan para pemimpin dunia dan selebriti untuk mengatasi perubahan iklim.

[

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

China jatuhkan sanksi kepada 28 pejabat era Trump termasuk Pompeo

China mengatakan ingin bekerja sama dengan pemerintahan baru AS Presiden Joe Biden, sambil mengumumkan sanksi terhadap mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo "yang berbohong...

Joe Biden dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat

Joe Biden dari Partai Demokrat pada Rabu (20/1) dilantik sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS), menggantikan Donald Trump. Biden melanjutkan kepemimpinan negara, yang dilanda perpecahan...

Pimpinan mayoritas Senat AS tinjau penundaan sidang pemakzulan Trump

Pimpinan mayoritas Senat Amerika Serikat, Chuck Schumer, tengah meninjau permintaan perwakilan Partai Republik penundaan dimulainya persidangan pemakzulan mantan Presiden Donald Trump menjadi pertengahan Februari,...

Biden Tandatangani 10 Keppres untuk Perangi Covid-19

Presiden AS yang baru Joe Biden bergerak secara agresif hari Kamis (21/1) untuk meningkatkan perjuangan pemerintah nasional untuk membendung pandemi virus corona dengan menandatangani...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502