Biden Perintahkan Evaluasi Ketahanan Rantai Pasokan AS

Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif pada Rabu (23/2) untuk secara resmi memerintahkan evaluasi selama 100 hari terhadap rantai pasokan global dan potensi kerentanan Amerika dalam industri utama.

Evaluasi itu mencakup rantai pasokan untuk cip komputer, baterai kendaraan listrik, obat-obatan dan berbagai mineral penting yang digunakan dalam elektronika.

“Kita seharusnya tidak bergantung pada negara asing, terutama negara yang tidak memiliki kepentingan atau nilai-nilai yang sama, untuk melindungi dan menyediakan (berbagai barang keperluan) warga kita selama keadaan darurat nasional,” kata Biden.

Perintah itu bertujuan untuk menghindari agar tidak terulang kekurangan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan yang terjadi selama bulan-bulan awal pandemi virus corona tahun lalu.

Kekurangan itu terjadi ketika pabrik-pabrik pembuat mobil Amerika bergulat dengan kekurangan semikonduktor, elemen penting dalam sistem navigasi dan hiburan untuk kendaraan modern.

“Pandemi COVID-19 telah menggarisbawahi perlunya rantai pasokan yang tangguh dan manufaktur domestik yang kuat, sehingga semua orang Amerika memiliki akses ke barang dan jasa penting pada saat krisis,” kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada para wartawan, Rabu.

Selain tinjauan 100 hari terhadap empat industri utama, perintah eksekutif itu juga mengarahkan tinjauan selama setahun terhadap enam sektor lainnya, yaitu pertahanan, kesehatan masyarakat, teknologi informasi, transportasi, energi dan produksi pangan.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Emas Berjuang Menemukan Arah Perdagangan Pekan Ini

JAVAFX - Harga emas nampak berusaha menemukan arah perdagangan diawal minggu ini, pada Senin (12/04/2021). Kenaikan akan berlanjut jika harga emas mampu bertahan dan...

Biden: Pengayaan uraninum Iran 60 persen tak membantu

Presiden AS Joe Biden pada Jumat (16/4) mengatakan pengayaan uranium Iran hingga 60% tidak membantu, tapi mengatakan dia senang Teheran masih berbicara tidak langsung...

Harga Emas Bisa Pulih dan Kembali $ 2000 Di Akhir Tahun

JAVAFX - Gerak naik Emas untuk saat ini telah dibatasi pada $ 1755/65 untuk mempertahankan bias sisi bawah langsungnya, tim analis Credit Suisse melaporkan....

Biden Tunjuk Pengkritik Trump untuk Dua Pos Penting Imigrasi

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Senin (12/4) menunjuk dua kritikus kebijakan imigrasi mantan presiden Donald Trump untuk posisi kunci kontrol perbatasan dan...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502