Biden Pertahankan Keputusan Tarik Militer AS dari Afghanistan

Presiden AS Joe Biden berbicara kepada rakyat Amerika tentang krisis di Afghanistan hari Senin (16/8), dalam komentar publik pertamanya sejak Taliban mengambil kendali penuh atas negara di Asia Selatan itu.

Biden, kembali ke Gedung Putih dari Camp David, Senin (16/8), sehari setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari Afghanistan ketika Taliban mencapai ibu kota Afghanistan, Kabul.

Biden berbicara pada hari Senin pukul 3:45 sore waktu setempat.

Biden secara konsisten mempertahankan keputusannya untuk menarik semua pasukan AS dari Afghanistan selambatnya 31 Agustus.

“Satu tahun lagi, atau lima tahun lagi, kehadiran militer AS tidak akan membuat perbedaan jika militer Afghanistan tidak bisa atau tidak mempertahankan negaranya sendiri,” kata Biden dalam pernyataannya, Sabtu (14/8).

“Dan kehadiran Amerika tanpa akhir di tengah konflik sipil negara lain tidak dapat saya terima,” lanjut Biden.

Taliban meningkatkan serangan sejak awal Mei, ketika AS dan sekutu-sekutunya dari NATO mulai menarik pasukan yang tersisa dari Afghanistan.

Serangan Taliban merebut ibu kota provinsi dan menyapu sebagian besar negara itu dalam waktu seminggu lebih, yang berpuncak pada runtuhnya pemerintahan Afghanistan.

AS sebelumnya mempertahankan kendali atas bandara Hamid Karzai di Kabul, tetapi kekacauan terjadi ketika ribuan orang mencoba melarikan diri dari negara itu.

Meskipun pemerintahan Biden membela keputusannya untuk meninggalkan Afghanistan, pemerintahannya menyatakan terkejut atas cepatnya negara itu jatuh ke tangan Taliban.

“Tentu saja kecepatan jatuhnya kota-kota, jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan siapa pun,” kata Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan dalam acara televisi Today NBC.

Beberapa anggota kongres dari Partai Republik mengecam keras pemerintah atas kekacauan di Afghanistan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.