Biden setujui pengerahan kembali pasukan AS ke Somalia

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyetujui rencana untuk mengerahkan kembali pasukan AS ke Somalia guna melawan kelompok ekstremis al-Shabab, demikian diumumkan Gedung Putih pada Senin (16/5).

Ditarik dari pasukan-pasukan yang sedang ditugaskan di Afrika, kurang dari 500 pasukan AS akan ditempatkan kembali di Somalia untuk menunjukkan “kehadiran militer AS yang kecil dan gigih” di negara Afrika bagian timur itu, kata seorang pejabat senior pemerintahan dalam sebuah konferensi pers, yang berbicara secara anonim di bawah aturan dasar yang ditetapkan Gedung Putih.

Langkah pemerintahan Joe Biden ini membalikkan perintah mantan presiden Donald Trump yang dikeluarkan pada hari-hari terakhir masa jabatannya untuk menarik seluruh personel militer AS dari Somalia yang berjumlah kurang lebih 750 personel.

Sejak Biden menjabat sebagai presiden, pasukan AS menunaikan tugas mereka di negara yang hancur akibat perang tersebut dengan sistem rotasi, suatu dinamika yang kini dianggap oleh pemerintah negara tersebut tidak memadai dalam mengatasi ancaman teroris yang ditujukan kepada warga AS di kawasan itu.

“Al-Shabab memanfaatkan ketidakstabilan dan politik yang terpecah-belah di Somalia untuk menjadi, sebagaimana yang saya tunjukkan, afiliasi global terbesar dan paling kaya bagi al-Qaeda,” kata pejabat tersebut melalui sambungan telepon dengan awak media.

“Sayangnya, kami telah melihat bukti-bukti nyata dari tujuan dan kemampuan al-Shabab untuk menargetkan warga Amerika di kawasan tersebut.” Pejabat itu mengatakan bahwa keputusan Trump untuk menarik pasukan AS di Somalia memunculkan “risiko yang tinggi dan tidak perlu” bagi pasukan AS yang masuk ke atau keluar dari negara tersebut, dengan menyatakan bahwa pengerahan kembali ini merupakan “langkah yang merasionalisasi apa yang sebenarnya merupakan argumen irasional.”

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.