Biden Teken Perintah Eksekutif Keamanan Siber Pasca Peretasan Colonial Pipeline

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif, Rabu (2/5), terkait peningkatan kemampuan keamanan siber federal, termasuk standar keamanan digital di seluruh sektor swasta yang mengalami serentetan serangan siber tingkat tinggi.

Perintah eksekutif itu menetapkan serangkaian inisiatif yang dirancang bagi kelengkapan badan-badan federal dengan peralatan keamanan siber.

Langkah yang dilakukan terkait serangan siber terhadap Colonial Pipeline yang menyebabkan beberapa sistem komputer internal dinonaktifkan oleh peretas.

Hal ini menyebabkan Colonial menutup jaringan pipa distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan memicu kekurangan bahan bakar dan kepanikan para pembeli di wilayah tenggara Amerika Serikat.

Colonial yang berbasis di Atlanta, Rabu (12/5), mengatakan pihaknya “memulai kembali operasi jaringan pipa tersebut pada pukul 17.00 waktu setempat.” Perintah itu juga mewajibkan perusahaan perangkat lunak yang menjual produk kepada pemerintah AS untuk mempertahankan standar keamanan siber tertentu dalam produk mereka termasuk melaporkan apakah jaringan mereka sendiri telah disusupi oleh peretas.

Persyaratan itu pertama kali dilaporkan oleh Reuters pada Maret 2021.

Seorang pejabat senior pemerintahan menjelaskan perintah eksekutif tersebut memiliki dampak “sangat signifikan” pada kemampuan pemerintah untuk mendeteksi dan menanggapi insiden peretasan.

Serangan siber terhadap Colonial Pipeline itu adalah yang terbaru dari serangkaian insiden dunia maya berprofil tinggi terhadap beberapa perusahaan AS dan lembaga pemerintah selama enam bulan terakhir.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Umumkan Kematian Champ, Anjing Peliharaannya

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan ibu negara Jill Biden pada Sabtu (19/6) mengumumkan bahwa anjing peliharaan mereka yang bernama Champ telah mati. Anjing...

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Dokumen Baru: Trump Menekan Depkeh AS agar Batalkan Kekalahannya dalam Pilpres

Dalam minggu-minggu terakhir masa pemerintahannya, mantan Presiden AS Donald Trump dan para pembantunya menekan Departemen Kehakiman untuk menyelidiki keluhan tentang penipuan pemungutan suara yang...

Merkel: Para pemimpin NATO bahas disinformasi Rusia, China

Para pemimpin negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan membahas berbagai topik, termasuk tantangan yang muncul dari Rusia dan China, pada KTT mereka di...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502