Biden, Trudeau Bahas COVID dan Ancaman Perubahan Iklim

Presiden AS Joe Biden bertemu secara virtual, Selasa (23/2) dengan Perdana Menteri Justin Trudeau, menandai pertemuan bilateral pertama Biden dengan pemimpin asing sejak menjabat Januari lalu.

Kedua pemimpin dijadwalkan membahas China, perubahan iklim, dan masalah lainnya, menurut seorang pejabat pemerintahan Biden yang tidak mau disebutkan namanya dan berbicara kepada wartawan, dalam upaya untuk menata kembali hubungan yang memburuk selama empat tahun kepresidenan Donald Trump.

Kepada wartawan, pejabat itu menyampaikan Biden sangat ingin membahas ancaman keamanan akibat perubahan iklim, virus corona, serta juga ancaman yang ditimbulkan oleh China, Iran, Korea Utara, dan Rusia.

Dalam sebuah langkah yang “mengecewakan” Trudeau, Biden baru-baru ini memblokir proyek pipa Keystone XL senilai $8 miliar untuk memompa minyak dari Kanada ke Amerika Serikat melalui penandatanganan perintah eksekutif “Buy American” yang bertujuan untuk membelanjakan lebih banyak dana AS untuk mendukung produsen dalam negeri.

Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki menjelaskan “tidak ada perubahan yang diantisipasi” dalam posisi Biden terkait masalah pipa itu selama pertemuan tersebut.

Trudeau merencanakan untuk menunjukkan bahwa Kanada selaras dengan AS terkait COVID-19, kebijakan luar negeri, perubahan iklim, dan masalah lainnya, menurut sumber pemerintah Kanada yang juga tidak mau disebutkan namanya dan berbicara sebelum pertemuan tersebut.

Tidak jelas apakah Trudeau akan kembali mengusulkan agar Kanada dapat membeli vaksin COVID dari perusahaan farmasi Pfizer di negara bagian Michigan untuk program vaksinasi Kanada yang sedang menghadapi kesulitan.

Sejumlah pejabat menyatakan Biden dan Trudeau akan memberikan pandangan kepada media sebelum dan setelah pertemuan kedua pemimpin negara Amerika Utara itu.

Pemerintahan Biden juga menyatakan Amerika telah berbagi sebuah dokumen dengan Kanada, yang isinya merangkum kolaborasi di antara kedua negara itu mengenai berbagai masalah dan akan dirilis setelah pertemuan tersebut.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Emas Dibawah Tekanan Jelang AS Rilis Data

JAVAFX - Pasar saham turun dari level tertingginya karena ketegangan meningkat menuju rilis angka inflasi AS, yang mungkin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data China...

Biden siap umumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan

Pengumuman yang direncanakan Presiden Joe Biden pada Rabu tentang penarikan lengkap pasukan Amerika Serikat (AS) dari Afghanistan pada 11 September bertujuan untuk menutup buku...

Trump akan bantu Republik menangi kursi Kongres 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan...

Sterling Loss 2,5% Terhadap Euro Sebelum Berakhirnya Lockdown.

Nilai tukar Pound Sterling turun secara keseluruhan selama seminggu terakhir, terutama terhadap Euro dan Dolar dengan GBPEUR melihat posisi terendah 1,1480 dan GBPUSD serendah...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502