Biden-Trudeau Perbarui Hubungan AS-Kanada yang Tegang

Presiden Joe Biden, Selasa (23/2), menyatakan Kanada dan Amerika Serikat adalah sahabat, sementara Perdana Menteri Justin Trudeau menyebut persahabatan itu “luar biasa.” Pernyataan yang disampaikan dalam pertemuan virtual itu memperbaiki hubungan kedua negara yang bergolak semasa pemerintahan Trump.

“Amerika Serikat tidak memiliki teman dekat selain Kanada,” ujar Biden dalam pertemuan yang dilakukan melalui tautan video antara Gedung Putih dan kantor Trudeau di Ottawa.

Trudeau berterima kasih kepada Biden atas kebijakannya tentang pemanasan global.

“Terima kasih sekali lagi karena telah mengambil langkah sedemikian besar dalam menangani perubahan iklim.

Kepemimpinan Amerika sangat dirindukan dalam beberapa tahun ini,” kata pemimpin Kanada itu.

Trudeau mengomentari bergabungnya kembali Amerika dalam kesepakatan iklim Paris tentang pengurangan emisi karbon global.

Gedung Putih mengatakan, pembicaraan ekstensif pada Selasa (23/2) itu akan memberikan “peta jalan” untuk hubungan yang lebih baik.

Gedung Putih menekankan bahwa hubungan Amerika-Kanada berperan penting dalam hubungan multilateral, mulai dari G7 dan NATO hingga aliansi intelijen Five Eyes dan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Sementara Kanada menantikan sikap yang lebih bisa diduga dari mitra dagang terbesarnya, Biden baru-baru meluncurkan sumber gesekan baru dengan membatalkan proyek jalur pipa lintas batas, Keystone XL, dengan alasan masalah lingkungan.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Merkel dukung penguncian COVID yang lebih ketat di Jerman

Kanselir Angela Merkel mendukung permintaan penguncian COVID-19 yang lebih ketat dan singkat di Jerman lantaran tingkat infeksi yang terlalu tinggi, menurut juru bicara pemerintah...

Trump akan bantu Republik menangi kursi Kongres 2022

Mantan Presiden AS Donald Trump berusaha memosisikan dirinya sebagai dalang Partai Republik pada Sabtu (10/4), seraya mengatakan kepada para penyumbang partai bahwa dia akan...

Rencana Stimulus Tambahan VS NFP AS Pengaruhi Pergerakan Dolar AS

Hari Jumat lalu, Amerika telah merilis data NFP (Non-Farm Employment) yang di rilis membaik dan naik cukup signifikan dari 468.000 ke 916.000 dan data...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502