Biden yakin China akan coba buat pengaturan dengan Taliban

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Selasa (7/9) bahwa dia yakin China akan mencoba untuk melakukan pengaturan dengan Taliban setelah kelompok militan itu merebut kekuasaan di Afghanistan pada 15 Agustus.

Ketika ditanya apakah dia khawatir China akan mendanai kelompok tersebut, yang dikenai sanksi berdasarkan hukum AS, Biden mengatakan kepada wartawan “China memiliki masalah nyata dengan Taliban.” “Jadi mereka akan mencoba melakukan beberapa pengaturan dengan Taliban, Saya yakin.

Seperti halnya Pakistan, Rusia, dan Iran.

Mereka semua mencoba mencari tahu apa yang mereka lakukan sekarang.” Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya di G7 telah sepakat untuk mengoordinasikan respons mereka terhadap Taliban.

Washington telah memblokir akses Taliban ke dana cadangan Afghanistan, yang sebagian besar dipegang oleh Federal Reserve New York, untuk memastikan kelompok itu memenuhi janjinya dalam menghormati hak-hak perempuan serta hukum internasional.

Tetapi, para ahli mengatakan banyak dari pengaruh ekonomi itu akan hilang jika China, Rusia, atau negara lain memberikan dana kepada Taliban.

Italia, saat ini merupakan ketua G20 –yang mencakup juga China dan Rusia– mencoba untuk menyelenggarakan pertemuan virtual kelompok negara-negara ekonomi utama itu mengenai Afghanistan.

Namun, sejauh ini tidak ada pengumuman soal tanggal penyelenggaraan.

Aspek itu menunjukkan ada perselisihan di dalam kelompok tersebut.

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pembicaraan telepon pada 29 Agustus bahwa masyarakat internasional harus berhubungan dengan Taliban dan “membimbing mereka secara positif”.

China belum secara resmi mengakui Taliban sebagai penguasa baru Afghanistan, tetapi Wang pada Juli menjamu petinggi Taliban Mullah Baradar, yang telah ditunjuk sebagai wakil perdana menteri.

Wang mengatakan dunia harus membimbing dan mendukung Afghanistan saat negara itu sedang menjalani transisi ke pemerintahan baru, bukan justru memberi lebih banyak tekanan.

?????Ledakan di Kabul tewaskan 90 warga Afghanistan dan 13 tentara AS

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.