BOJ Tahan Suku Bunga Dan Pertahankan Kebijakan Moneter Hadapi Dampak Covid-19

JAVAFX – Bank of Japan (BOJ) mempertahankan suku bunga jangka pendek utamanya tetap di level -0,1% dan mempertahankan target untuk imbal hasil obligasi pemerintah Jepang tenor 10th sekitar 0% pada pertemuan kebijakan Juli, dengan suara 8:1.

Sementara itu, dalam prospek triwulanan, bank sentral mengatakan bahwa ekonomi Jepang kemungkinan akan membaik secara bertahap dari paruh kedua tahun ini, dengan laju diperkirakan hanya moderat sementara dampak infeksi virus Covid-19 tetap menyerang dunia.

Gold Trading

Pembuat kebijakan mencatat bahwa prospek kegiatan ekonomi dan harga sangat tidak jelas, tergantung pada konsekuensi virus dan besarnya dampaknya terhadap ekonomi domestik dan luar negeri. Berdasarkan asumsi bahwa gelombang infeksi kedua tidak akan terjadi, PDB Jepang untuk tahun fiskal 2020 diperkirakan akan menyusut antara 4,5% hingga 5,7%, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar -4,7%. Sementara itu, CPI diproyeksikan turun antara 0,4% hingga 0,6%, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya -0,5%.