Bursa Saham dan Inflasi AS Memburuk, Mengapa Emas Turun ?

Kemarin malam bursa saham Amerika masuk zona merah dan data inflasi konsumen mengalami penurunan. IHK (CPI) Amerika turun dari 0.1 ke 0.0% dan IHK inti (Core CPI) turun dari 0.3% ke 0.1%. Namun saat rilis berita ini, Emas hanya naik sedikit dari level 1509.16 ke level 1511.06 kemudian berbalik terjun bebas, melemah hingga mencapai level 1490.68.

Gold Trading

Harga Emas tidak menguat di saat inflasi dan bursa Amerika menurun karena Gedung Putih membantah laporan dari South China Morning Post yang mengatakan bahwa perundingan damai dagang AS dan Cina minggu ini tidak alami kemajuan. Gedung Putih membantah laporan tersebut. Selain itu, yang membuat harga Emas melemah dan akhirnya membuat bursa saham menjadi hijau semalam karena Presiden AS, Donald Trump mengatakan bahwa ia akan bertemu wakil Perdana Menteri Cina, Liu He pada hari Jumat ini. Hal inilah yang telah membuat terjadinya aksi lepas Save Havens Emas.

Hari ini di tengah situasi perundingan dagang antara AS dan Cina, Gold di prediksi akan bergerak di kisaran level 1488.00-1517.00.