China Berharap Kerja Sama dengan AS

China mengatakan kepada pemerintahan baru Biden pada Kamis (21/1) bahwa mereka berharap kedua negara dapat bekerja sama untuk memenuhi tantangan yang dihadapi dunia saat ini.

Optimisme itu ditepis oleh para analis.

“Kami percaya segala sesuatu mungkin terjadi jika kami merundingkannya,” kata juru bicara China Hua Chunying dalam sebuah pengarahan pada Kamis (21/1) di Beijing.

“Saya percaya bahwa dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, hubungan China-AS akan terjalin lebih baik.” Ia juga berharap Presiden Joe Biden “selalu sukses dalam menjalankan pemerintahan,” yang tampaknya upaya untuk meredakan ketegangan hubungan AS-China dari pemerintahan Trump.

Namun hanya beberapa menit setelah Biden dilantik sebagai presiden ke-46 Amerika, China menjatuhkan sanksi kepada 28 pejabat yang bertugas di pemerintahan Presiden Donald Trump, termasuk mantan menteri luar negeri Mike Pompeo (untuk masuk ke China, Hong Kong dan Makao).

Bejing mengatakan bahwa Pompeo “merencanakan, mempromosikan, dan melaksanakan serangkaian langkah gila, yang sangat mengganggu urusan dalam negeri China, merusak kepentingan China, menyinggung rakyat China dan merusa hubungan China-AS.” Shen Dingli, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Fudan mengatakan kepada VOA, langkah tersebut harus dilihat sebagai peringatan bagi pemerintahan baru Biden agar tidak berperilaku tidak pantas terhadap China.

“Pesannya adalah bila mereka mengikuti tindakan-tindakan oleh pemerintahan sebelumnya di Xinjiang, Hong Kong, Laut China Selatan dan Taiwan, kami akan menjatuhkan sanksi terhadap mereka juga.

Dan kami tidak akan menungu selama empat tahun.

Kami akan menerapkan sanksi saat pemerintahan mereka,” kata Shen yang fokus pada hubungan keamanan China-AS.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden tandai peringatan Selma, perluas akses mencoblos

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menandatangani perintah eksekutif pada Minggu yang dirancang untuk memudahkan warga Amerika memilih, ketika Partai Republik di seluruh negara...

PM Johnson: Pembukaan kembali sekolah langkah menuju kenormalan

Pembukaan kembali sekolah-sekolah di Inggris untuk semua siswa pada Senin akan menandai langkah pertama kembali ke arah normalitas, dan hanya mungkin karena upaya masyarakat...

Jill Biden dan Menteri Pendidikan Baru Kunjungi Sekolah

Jill Biden, ibu negara yang juga seorang dosen bersama Menteri Pendidikan yang baru Miguel Cardona, Rabu (3/3), mengunjungi sekolah. Kunjungan itu merupakan bagian dari dukungan...

Ekonomi AS Di Prediksi Meningkat, Dolar Indeks Menguat

Akibat data tenaga kerja AS yang membaik di mana terjadi penyerapan tenaga kerja sebesar 379.000 dari 166.000 dan tingkat pengangguran yang turun dari 6.3%...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502