China sumbang 500.000 dosis vaksin tambahan ke Malaysia

Pemerintah Republik Rakyat China (RRC) bakal menyumbang 500.000 dosis vaksin Sinovac tambahan kepada pemerintah Malaysia untuk penanganan wabah COVID-19 di negara tersebut.

Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah mengemukakan hal itu di Putrajaya, Rabu, setelah melakukan perbincangan telepon dengan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri RRC, Wang Yi.

Pertemuan kedua pejabat secara maya untuk memperbarui hubungan kerja dan persahabatan di antara mereka serta berbagi serta bertukar pandangan mengenai isu bilateral dan internasional terbaru.

Kedua Menteri Luar Negeri menyatakan komitmen terus menerus untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara.

Selain mengukuhkan lagi hubungan bilateral yang lebih erat dan memperluas kerja sama dalam pelbagai bidang, Malaysia dan RRC akan terus mengembangkan kerja sama bilateral bidang baru terutama dalam teknologi dan industri baru, misalnya ekonomi digital dan keamanan siber, untuk manfaat bersama kedua negara.

Kedua menteri juga telah membincangkan isu-isu bilateral dan internasional termasuk perkembangan terkini di Laut China Selatan.

Sebelumnya pemerintah RRC pada Juli 2021 yang lalu telah menyumbangkan 500,000 dosis vaksin Sinovac untuk membantu Program Imunisasi COVID-19 Kebangsaan di Malaysia.

Pemerintah Malaysia dan RRC telah menjalin kerja sama sejak wabah COVID-19 mulai muncul.

RRC, melalui saluran pemerintah dan entitas swasta, telah menunjukkan solidaritas dengan Malaysia melalui sumbangan pasokan peralatan perobatan seperti masker, peralatan pelindung diri (PPE) dan ventilator, selain mengantar tim pakar kesehatan dari Guangzhou untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam perawatan pasien dan pengurusan data.

Sementara itu, Malaysia juga telah menyumbang uang tunai sebanyak satu juta dolar (Rp14,3 miliar), 18 juta sarung tangan getah dan 15 ton barang makanan ke RRC saat wabah COVID-19 menular di Wuhan.

Kedua pemerintah telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam Pembangunan dan Aksesibilitas Vaksin dan Memorandum Persepahaman mengenai Kerja sama dalam Era Pasca-COVID-19 masing-masing pada 18 November 2020 dan 1 April 2021.

Pemerintah RRC juga telah meletakkan Malaysia dalam daftar keutamaan penerima vaksin buatan RRC pada Oktober 2020.

Indonesia
19,852
Total Kasus Aktif
Updated on 14/10/2021 6:38 PM 14/10/2021 6:38 PM
Seluruh Dunia
19,530,097
Total Kasus Aktif
Updated on 14/10/2021 6:38 PM 14/10/2021 6:38 PM

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.