China telah mengekspor 215 juta dosis vaksin untuk Indonesia

Perusahaan farmasi China yaitu Sinovac dan Sinopharm telah mengekspor 215 juta dosis vaksin COVID-19 ke Indonesia hingga saat ini, yang merupakan 20 persen dari total vaksin yang diekspor China ke negara-negara lain.

Vaksin dari China juga mencakup 80 persen dari total vaksin COVID-19 yang diamankan oleh Indonesia.

“Sejak pandemi COVID-19 dimulai, China dan Indonesia telah saling mendukung dalam memerangi penyakit tersebut,” kata Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian ketika menyampaikan pernyataan pers secara virtual tentang kedatangan vaksin Sinovac pada Jumat.

Sebanyak lima perusahaan vaksin China telah bekerja sama dengan Indonesia dalam riset dan pengembangan, pengadaan, dan produksi melalui berbagai teknologi seperti inaktivasi virus, proteion rekombinan, adenovirus activator, serta vaksin mRNA.

Lebih lanjut, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa China secara aktif mendukung Indonesia untuk membangun pusat pembuatan vaksin regional.

“Diyakini dalam waktu dekat, Indonesia tidak hanya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi juga bisa mengekspor vaksin,” tutur dia.

Kerja sama vaksin antara China dan Indonesia sesuai dengan prinsip yang disampaikan Presiden Xi Jinping dalam Sidang ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa bahwa “vaksin perlu dijadikan barang publik global” yang aksesibiltas dan keterjangkauannya di negara berkembang harus dipastikan.

Merujuk pada pernyataan tersebut, Dubes Xiao Qian mengatakan bahwa China akan menjunjung tinggi visi komunitas kesehatan global untuk semua dan mendukung Indonesia memerangi COVID-19.

“China akan terus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk mendukung Indonesia dan upaya (penanganan) pandeminya,” ujar dia, menegaskan.

Xiao Qian juga mengumumkan komitmen pemerintah China untuk menyumbangkan 1 juta dosis vaksin COVID-19 bagi Indonesia, menyusul kedatangan 1 juta dosis vaksin Sinovac dari China di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat.

Beserta ketibaan vaksin sumbangan pemerintah China tersebut, Indonesia menerima 1 juta dosis vaksin COVID-19 yang diberikan perusahaan Sinovac secara gratis dan 200 ribu dosis vaksin Sinovac dari Palang Merah China (Red Cross Society of China).

Indonesia
15,090
Total Kasus Aktif
Updated on 23/10/2021 8:12 AM 23/10/2021 8:12 AM
Seluruh Dunia
19,662,407
Total Kasus Aktif
Updated on 23/10/2021 8:12 AM 23/10/2021 8:12 AM

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.