Sentimen Bisnis Jerman Jatuh Imbas Krisis Pasokan Manufaktur

Sentimen bisnis Jerman turun untuk bulan ketiga berturut-turut pada September, imbas masalah rantai pasokan yang menyebabkan “resesi kemacetan” bagi produsen di Jerman, sebuah survei menunjukkan pada hari Jumat.

Institut Ifo mengatakan indeks iklim bisnisnya (Business Climate Index) turun menjadi 98,8 dari revisi kenaikan 99,6 pada Agustus. Dalam jajak pendapat Reuters, analis memperkirakan indeks di September berada di angka 98,9.

“Masalah dalam pengadaan bahan baku dan produk setengah jadi menghambat perekonomian Jerman,” kata Presiden Ifo Clemens Fuest dalam sebuah pernyataan. “Manufaktur mengalami resesi bottleneck,” Fuest menambahkan.

Menambah ketidakpastian yang dihadapi prospek ekonomi, Jerman akan melakukan pemilihan nasional pada hari Minggu, setelah Kanselir Angela Merkel berencana untuk mundur. Dengan suara yang terpecah, ada beberapa hasil koalisi yang potensial.

Pada hari Rabu, Ifo telah memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Jerman untuk tahun ini karena gangguan rantai pasokan dan kelangkaan perangkat cip dan barang setengah jadi lainnya memperlambat pemulihan dari pandemi COVID-19.

Ifo saat ini melihat produk domestik bruto (PDB) Jerman tumbuh 2,5% tahun ini, turun 0,8 poin persentase dari perkiraan sebelumnya, dan 5,1% untuk tahun depan, atau naik 0,8 poin.

Lemahnya rebound pada tahun 2021 mengikuti penurunan 4,6% dari output ekonomi keseluruhan pada tahun 2020 yang disebabkan oleh pembatasan virus korona pada kehidupan publik dan kegiatan bisnis untuk menghambat penyebaran covid-19.

Pemerintah, yang sejauh ini telah memperkirakan pertumbuhan sebesar 3,5% untuk tahun ini dan 3,6% untuk tahun berikutnya, akan memperbarui perkiraannya pada bulan Oktober.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.