CPI Australia September Tumbuh 0,5% Sesuai Perkiraan

JAVAFX – Indeks Harga Konsumen (CPI) Australia naik 0,5 persen pada September 2019, menurut angka terbaru dari Biro Statistik Australia (ABS) pada Rabu pagi. Angka ini mengikuti kenaikan 0,6 persen pada kuartal sebelumnya di bulan Juni 2019.

Kenaikan harga paling signifikan pada kuartal September 2019 adalah dari perjalanan, akomodasi, tembakau, bea dan property serta perawatan anak. Harga yang paling signifikan jatuh pada kuartal ini adalah bahan bakar otomotif, buah-buahan dan sayuran.

Gold Trading

CPI naik 1,7 persen sepanjang tahun ke kuartal September 2019. Ini mengikuti kenaikan tahun melalui 1,6 persen ke kuartal Juni 2019.

Inflasi tahunan tetap tenang sebagian karena kenaikan harga untuk biaya terkait perumahan tetap rendah, dan dalam beberapa kasus jatuh dalam istilah tahunan. Harga untuk utilitas (-0,3 persen) dan pembelian tempat tinggal baru oleh pemilik-penjajah (-0,1 persen) keduanya turun sedikit sepanjang tahun hingga kuartal September 2019, sementara sewa (0,4 persen) hanya mencatat kenaikan kecil, “kata Hockman kepala ekonom ABS.