Data Cina, Ketegangan Timur Tengah Pengaruhi Harga Minyak

Data dari Cina yang menunjukkan pertumbuhan impor yang melonjak dan ketegangan di Timur Tengah setelah gerakan Houthi yang berbasis di Yaman mengatakan pihaknya menembakkan rudal ke situs minyak Saudi membuat harga minyak melambung.

Minyak mentah berjangka Brent naik 31 sen, atau 0,5%, menjadi $63,59 per barel sementara minyak mentah berjangka WTI AS naik 28 sen, atau 0,5% menjadi $ 59,98 per barel.

Cina, negara pengguna bahan bakar terbesar kedua dunia malporkanmelaporkan ekspor negeri tersebut tumbuh pada laju yang cukup tinggi pada bulan Maret. ini menjadi dorongan lain terhadap pemulihan ekonomi Cina atas meningkatnya permintaan global di tengah kemajuan vaksinasi COVID-19 di seluruh dunia. Sementara, pertumbuhan impor melonjak ke level tertinggi dalam empat tahun.

Impor minyak mentah ke Cina juga melonjak 21% pada Maret dari dasar perbandingan yang rendah tahun sebelumnya karena kilang meningkatkan operasi di tengah permintaan bahan bakar yang kuat pengaruh pandemi COVID-19 yang mulai mereda.

Juga mendukung harga harga minyak, stok minyak mentah AS diperkirakan turun minggu lalu untuk minggu ketiga berturut-turut, sementara persediaan minyak sulingan dan bensin kemungkinan tumbuh, jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Senin.

Namun, produksi minyak AS dari tujuh formasi serpih utama diperkirakan akan naik untuk bulan ketiga berturut-turut, naik sekitar 13.000 barel per hari (bph) pada Mei menjadi 7,61 juta barel per hari, Administrasi Informasi Energi AS mengatakan pada hari Senin.

Sementara itu, kelompok Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah menembakkan 17 drone dan dua rudal balistik ke sasaran di Arab Saudi, termasuk fasilitas Saudi Aramco di Jubail dan Jeddah, meskipun belum ada konfirmasi segera dari Saudi.

Lambatnya tingkat vaksinasi di Eropa dan antisipasi tambahan pasokan minyak dari Iran dalam beberapa bulan mendatang membatasi kenaikan harga.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia...

Harga Emas Menguat, Data NFP Hambat Kenaikan Suku Bunga

Emas perlahan menguat pada hari Senin dan diperdagangkan di dekat level puncak tiga bulan yang dicapai minggu lalu. Kenaikan emas ini menyusul hasil yang mengecewakan pada data pekerjaan AS dan mendukung harapan bahwa suku bunga masih akan rendah untuk beberapa waktu.

India Siap Borong Minyak Arab Saudi Kembali

JAVAFX - Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan pada hari Jumat (07/05/2021) berterima kasih kepada Arab Saudi dan produsen minyak Timur Tengah lainnya karena telah...

Neraca Perdagangan Cina Kembali Mengesankan Di April

Sektor perdagangan China kembali bukukan performa mengesankan pada April, dengan sektor ekspor tak disangka mencatat kenaikan sementara impor mencapai level tertinggi satu dekade. Sehingga, mendorong pereekonomian terbesar kedua di dunia itu.

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502