Data PDB Inggris Mei 2019 Tumbuh Lampaui Perkiraan

JAVAFX – Ekonomi Inggris tumbuh 0,3 persen pada bulan Mei 2019 (m/m) setelah konstraksi 0,4 persen pada bulan April, didorong oleh rebound dalam produksi mobil setelah penutupan terkait Brexit. Untuk periode kuartal kedua, ekonomi Inggris tumbuh moderat sebesar 0,3 persen sesuai perkiraan para ekonom, meningkat dari periode kuartal pertama tahun ini yang turun 0,4 persen. Ekonomi Inggris kembali ke pertumbuhan positif di bulan Mei, menyusul penurunan yang terlihat di bulan April.

Sementara data produksi manufaktur dilaporkan tumbuh 1,4 persen, naik dari bulan sebelumnya yang anjlok 4,2 persen. Pertumbuhan pada bulan Mei juga masih dibawah angka yang diharapkan 2,2 persen. Produksi manufaktur di Inggris tidak menunjukan pertumbuhan dari tahun sebelumnya pada bulan Mei 2019, setelah penurunan 1 persen yang direvisi naik pada bulan sebelumnya dan kehilangan ekspektasi pasar untuk kenaikan 1 persen.

Gold Trading

Grafik data PDB Inggris

Data PDB lebih dianggap indicator penilaian ekonomi disbanding data lainnya yang dirilis bersamaan. Untuk sejenak dampak laporan data PDB memberikan efek positif untuk poundsterling.

Pound sedikit menguat ke level 1.2480 terhadap dolar AS, menjauhi level terendah tahun ini yang disentuh pada Selasa kemarin 1.2440.

Analis JAVAFX

Swendy