Data Penjualan Ritel Melengkapi Ekonomi Inggris Yang Suram

0
133

Penjualan ritel Inggris secara tak terduga turun di bulan Oktober karena konsumen menahan belanja, data resmi menunjukkan pada hari Jumat, dalam sebuah tanda peringatan baru untuk ekonomi.

Volume penjualan ritel bulanan Inggris turun 0,3%, yang mengalami revisi penurunan 1,1% pada bulan September, yang lebih buruk dari perkiraan awal, Kantor Statistik Nasional (ONS) melaporkan. Para ekonom dalam survei Reuters memperkirakan penjualan ritel Inggris akan naik 0,3%.

Penjualan ritel inti, yang tidak termasuk penjualan bahkan bakar turun 0,1% pada bulan Oktober. Angka-angka tersebut juga menunjukkan penjualan ritel mengalami revisi penurunan di kuartal ketiga.

Secara keseluruhan angka-angka tersebut melengkapi prospek ekonomi Inggris yang semakin suram, dengan pertumbuhan ekonomi yang stagnan dan tekanan harga yang kuat sekarang memudar, meskipun perlahan-lahan.

Para pelaku pasar saat ini memproyeksikan bahwa faktor fundamental saat ini akan memaksa Bank of England untuk menurunkan suku bunga tahun depan. Imbasnya, pound sterling mencatat penurunan signifikan.

“Tetapi para peritel tidak kehilangan dukungan. Dalam jangka pendek, penurunan penjualan bahan bakar di bulan Oktober yang disebabkan oleh melemahnya penjualan bahan bakar mungkin akan berbalik karena penurunan harga minyak baru-baru ini berimbas pada penurunan harga-harga bahan bakar,” ujar Beck.

Mengingat margin tipis yang digunakan Inggris untuk menghindari kontraksi ekonomi selama kuartal ketiga, angka-angka pada hari Jumat menunjukkan risiko bahwa PDB dapat direvisi lebih rendah ke angka negatif.

Dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan ritel Inggris turun 2,7%, angka ini lebih buruk dari perkiraan para ekonom dalam survei Reuters.

Meski volume penjualan ritel saat ini jatuh kembali ke level 2018, namun, para peritel berharap periode perdagangan Natal yang krusial akan segera kembali membaik.

GBPUSD menyentuh level terendah intraday di dekat 1,2372 setelah data Penjualan Ritel Inggris yang suram dirilis. Pasangan mata uang cable ini rebound kembali menuju level krusial 1.2400.