Dekati $1950, Harga Emas Mau Kemana Lagi ?

JAVAFX – Setelah mengakhiri perdagangan pekan lalu tepat di atas batas $ 1900, harga emas memulai minggu ini dengan sejumlah isu terkait Fed, tidak tanggung-tanggung, harga langsung melejit mencapai posisi tertinggi baru seumur hidup pada $ 1944,76. Harga melaju cepat setelah menembus posisi tertinggi sebelumnya $ 1921,14, yang menyerukan reli cepat sebanyak $ 25.

Gold Trading

Safe-haven tradisional ini memperpanjang reli selama satu minggu, didukung oleh eskalasi hubungan AS-Cina atas penutupan konsuler dan kebangkitan coronavirus di AS. Selain itu juga terjadi peningkatan penyebaran virus di seluruh AS sehingga membebani prospek pemulihan ekonomi membuat dolar AS di bawah tekanan. Pasar semakin was-was dengan adanya paket stimulus AS yang akan datang juga mengurangi sentimen di sekitar greenback.

Dari perspektif yang lebih luas, emas terus mendapat manfaat dari pelonggaran moneter agresif yang diadopsi oleh bank sentral global untuk mengatasi dampak virus. Imbal hasil US Treasury jatuh di tengah tingkat pencetakan uang yang belum pernah terjadi sebelumnya, membuat emas yang tidak menghasilkan lebih menarik.

Ke depannya, logam mulia akan semakin cerah diperkirakan mengambil isyarat dari sentimen pada saham global dan aksi harga dolar AS menjelang statistik virus baru dan rilis Pesanan Tahan Lama yang akan keluar dari AS. Juga, kemajuan stimulus AS akan diikuti dengan seksama menjelang keputusan kebijakan moneter Federal Reserve AS yang akan dirilis Rabu.

Seperti yang diamati dalam grafik harian, harga dengan cepat menarik kembali setelah mencapai tertinggi sepanjang masa, berkat kondisi Relative Strength Index (RSI) yang oversold. RSI inci lebih tinggi di level 86, menyerukan retracement lebih lanjut.

Harga bisa menguji rekor tertinggi sebelumnya di $ 1921,14 pada saat bergerak lebih rendah. Target turun berikutnya terlihat pada $ 1906,68, tertinggi Jumat. Level support harian di $ 1900 akan menjadi level untuk ditargetkan oleh para bears.

Momentum bullish sekarang ini mendapatkan kembali momentum hanya pada penembusan di atas level psikologis $ 1950. Emas memperkuat indikasi menuju $ 2000 pada radar mereka, yang akan muncul sebagai tonggak besar dalam sejarah perdagangan emas.