Dolar AS Mulai Hilang Sisi Penguatannya

JAVAFX – Dolar AS mulai hilang sisi penguatannya pada perdagangan sesi Asia siang ini dimana arah pergerakan ini sebagai upaya investor menangkap sinyal kuat bahwa mata uang AS haruslah mulai melemah ditengah perang tarif yang masih terus memanas.

Seperti kita ketahui bahwa di perdagangan sebelumnya, kondisi greenback mengalami tekanan dari beberapa mata uang utama dunia lainnya, sehingga hal ini mengakibatkan EURUSD ditutup menguat di level 1,1597, GBPUSD ditutup melemah di level 1,2939, AUDUSD ditutup menguat di level 0,7418 dan USDJPY ditutup melemah di level 111,37.
Dan untuk sementara di pagi ini, EURUSD bergerak di level 1,1625, GBPUSD bergerak di level 1,2956, AUDUSD di level 0,7429 dan yen di level 111,32.

Pound dan mata uang utama dunia lainnya, memang masih bergerak dengan sisi penguatannya terhadap dolar AS di mana ini merupakan bentuk perlawanan pasar dari pergerakan sebelumnya yang membuat indeks dolar atau greenback menguat cukup besar.

Beberapa agenda ekonomi AS yang membaik memang sempat membuat mata uang AS mendominasi pergerakan pasar sebelumnya. Bahkan The Fed telah menyingkapkan tabir sinyal kenaikan lebih lanjut dari suku bunganya di pekan lalu. Data ekonomi AS juga mendukung kenaikan tersebut, meskipun Bank of England pekan lalu menaikkan suku bunganya, namun pound gagal menguat karena Mark Carney sedang bimbang melihat masa depan Inggris dalam menghadapi Brexit yang masih belum jelas arah kesepakatannya dengan Uni Eropa jelang perpisahannya tahun depan.

Faktor menantikan kepastian bagaimana langkah selanjutnya dari bank sentral AS dalam menyikapi perkembangan suku bunganya dan situasi perang dagang akan menjadi bahan pertimbangan utama oleh investor untuk melakukan transaksi. Sisi perang dagang antara AS dengan beberapa negara maju terutama dengan China dan Uni Eropa, masih akan sewaktu-waktu mengancam lagi dan bisa membuat indeks dolar menguat lagi. China dan AS sama-sama sedang menghadapi kebijakan tarif yang bisa mengurangi defisit perdagangan AS, dan sampai sekarang masih belum ada jalan keluarnya. Namun dengan Uni Eropa kondisi perdagangan AS sudah akan menemui titik temu.

Namun investor akan melihat perkembangan AS dan China selanjutnya setelah bulan lalu perang tarif dimulai mereka. Terbukti tadi data surplus neraca perdagangan China memang mengecil, namun penurunannya tidak sebesar harapan pasar ketika perang tarif terjadi sehingga diyakinkan bahwa pertumbuhan ekonomi China masih akan baik-baik saja dalam menghadapi tekanan tarif.

Di sisi lain tekanan datang ke dolar AS karena muncul pertanyaan besar terhadap masa depan ekonomi AS ketika tarif baru diterapkan. Jika turun di kuartal ini, maka kenaikan sukubunga the Fed sudah pasti akan ditunda.

(Sumber: Analis JAVAFX)
Author : Adhi Gunadhi

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Jill Biden dan Menteri Pendidikan Baru Kunjungi Sekolah

Jill Biden, ibu negara yang juga seorang dosen bersama Menteri Pendidikan yang baru Miguel Cardona, Rabu (3/3), mengunjungi sekolah. Kunjungan itu merupakan bagian dari dukungan...

Biden Perintahkan Seluruh Negara Bagian untuk Vaksinasi Guru

Presiden Amerika Joe Biden, Selasa (2/3), memerintahkan negara-negara bagian untuk memprioritaskan vaksinasi semua guru selama Maret. Biden juga mengumumkan bahwa pemerintah federal akan membantu upaya...

Harga Minyak Akan Naik Sangat Cepat, Bisa 3 Digit Angkanya

JAVAFX - Harga minyak akan naik pada tingkat tercepat sejak 1970-an selama tiga tahun ke depan, demikian dikatakan oleh kata Bank of America (BoA)...

Trump Tegaskan Kembali Kontrol atas Partai Republik, Indikasikan Calonkan Diri untuk Pilpres 2024

Donald Trump mengecam kebijakan Presiden Joe Biden dan menegaskan kembali kepemimpinannya atas Partai Republik pada Konferensi Aksi Politik Konservatif (Conservative Political Action Conference, CPAC)...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502