Dolar Aussie Dan Kiwi Pasang Kuda-Kuda Pertahanan

Dolar Australia dan Selandia Baru berada dalam posisi defensif pada hari Kamis setelah Federal Reserve menawarkan pandangan yang relatif hawkish atas kenaikan suku bunga AS, dan kecemasan investor menunggu berita tentang krisis utang Evergrande China.

Pengembang properti China itu akan membayar bunga pada salah satu obligasi dolar pada hari Kamis, dan default mungkin memicu putaran lain penghindaran risiko global. Aussie kerap digunakan sebagai proxy likuid terhadap risiko di China dan besar kemungkinan akan semakin tertekan jika terjadi default.

Untuk saat ini, Aussie bertahan sekitar level $0,7232, setelah berulang kali mencoba menembus level bawah $0,7220. Sementara dolar kiwi sedang menguji support di area $0,6990 dan berpeluang menuju level $0,6950.

Baik Aussie maupun Kiwi kehilangan pijakan ketika Fed mengkonfirmasi pengurangan yang kemungkinan besar akan dimulai tahun ini dan akan berakhir sekitar di medio 2022, lebih cepat dari perkiraan. Tapering menjadi prasyarat untuk menaikkan suku bunga, jadi waktunya mendorong taruhan pasar untuk kenaikan pada akhir 2022 dan mendorong yield obligasi jangka pendek AS lebih tinggi.

Sebaliknya, Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan tidak mungkin menaikkan suku bunga hingga 2024. Imbasnya, imbal hasil obligasi dua tahun Australia tertahan di 0,02%.

Di Selandia Baru, Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) siap melakukan langkah yang lebih agresif, dengan kenaikan pertama hampir pasti terjadi bulan depan dan kemungkinan lainnya pada bulan November. Bank sentral pada hari Kamis mengambil langkah baru untuk mendinginkan pasar properti dengan memperketat aturan pinjaman rumah bagi perbankan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.