Dolar Bertahan Di Dekat Level Puncak Jelang Pengumuman Fed

Dolar masih bertahan di level tertingginya baru-baru ini terhadap euro dan yen pada hari Rabu, menyusul penantian pasar atas hasil pertemuan Federal Reserve untuk mulai melepaskan stimulus era pandemi dan untuk menilai pandangan Ketua Jerome Powell terhadap tekanan inflasi.

Pergerakan pasar relatif kecil di Asia dan awal hari perdagangan Eropa di tengah pekan yang sibuk bagi bank sentral, dengan pertemuan Bank of England pada hari Kamis. Indeks dolar diperdagangkan tidak berubah pada hari ini di level 94,11, mendekati puncaknya 2021 di 94,563 yang dicapai bulan lalu.

The Fed diperkirakan akan mengumumkan pengurangan program pembelian aset $120 miliar per bulan dalam pernyataan kebijakannya pada pukul 1 dini hari nanti Waktu Indonesia Barat. Pasar fokus pada petunjuk tentang apa artinya kenaikan suku bunga, setelah sebulan pergerakan pasar obligasi seismik untuk mengantisipasi kenaikan segera tahun depan.

Pasar akan mencermati penilaian inflasi Ketua Powell setelah bank sentral lain telah mengisyaratkan kebijakan yang lebih hawkish dalam menghadapi meningkatnya tekanan harga, meskipun apakah itu berarti kenaikan suku bunga dapat segera terwujud.

Terhadap euro, greenback juga diperdagangkan datar di $1,1579, dekat level terendah $1,1522 yang dicapai pada Oktober dan menjadi level terkuat dolar sejak Juli 2020. Dolar diperdagangkan di level 113,94 terhadap yen, mendekati level tertinggi empat tahun.

Aussie telah turun 1,2% terhadap dolar di sesi Selasa dan bertahan di level $0,7448 pada hari Rabu, naik 0,3% dari sesi pembukaan. Kiwi juga terseret 1% lebih rendah terhadap dolar AS, tetapi menemukan support pada hari Rabu dari data tenaga kerja Selandia yang kuat dan bertahan dengan kenaikan 0,3% di $0,7134.

Para pelaku pasar memperkirakan Bank of England akan naikkan suku bunga 15 basis poin pada hari Kamis, meskipun pound minggu ini cenderung melemah menunjukkan beberapa kegelisahan bahwa BoE mungkin mengecewakan pasar. Sterling jatuh ke level terendah dua minggu terhadap dolar AS di $1,3606.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.