Dolar Masih Koreksi Melemah, Euro Dekati Level Paritas 

Dolar AS mundur di awal perdagangan Eropa Selasa dengan sentimen risiko meningkat, sementara sterling mempertahankan kenaikannya baru-baru ini setelah kebijakan pemerintah Inggris berbalik arah.

Dollar AS masih bergerak koreksi turun pada hari Selasa dengan sentimen resiko meningkat, sementara itu dua rival utama sterling dan euro meneruskan penguatannya. Dollar indeks ditutup turun di level 110.000 dari 111.430 dan mencatat penurunan ke level terendah dua mingguan. 

Trader mulai bertanya-tanya apakah perlambatan yang terlihat di AS dan ekonomi dunia akan memaksa Federal Reserve untuk menyesuaikan lintasan kenaikan suku bunganya lebih rendah. Ini telah mendorong reli tajam dalam obligasi pemerintah selama seminggu terakhir, mendorong imbal hasil Treasury turun di sepanjang kurva imbal hasil, sebuah langkah yang berlanjut Selasa.

Imbal hasil Treasury 10-tahun saat ini berada di 3,60%, turun 5 basis poin lagi dari penutupan Senin, sementara imbal hasil 2-tahun, lebih sensitif terhadap ekspektasi tindakan Fed, turun 7 basis poin pada 4,03%.

GBP/USD naik 1.5% menjadi $1.1473 setelah keputusan pemerintah Inggris untuk membatalkan usulan penghapusan tarif pajak penghasilan tertinggi. Menteri Keuangan baru Kwasi Kwarteng juga mengumumkan dia akan mengajukan pernyataan fiskalnya dalam upaya untuk menenangkan pasar karena dia kemungkinan akan mengumumkan pemotongan pengeluaran untuk mencoba dan membatasi pinjaman pemerintah.

Di tempat lain, EUR/USD naik 1.6% menjadi 0.99845, menjelang rilis harga produsen terbaru untuk Zona Euro secara keseluruhan untuk Agustus. Ini diperkirakan akan tetap pada tingkat yang sangat tinggi, meningkatkan tekanan pada Bank Sentral Eropa untuk melanjutkan kenaikan suku bunga besar lainnya akhir bulan ini.

Euro yang sempat tertekan tajam di bulan September, memiliki potensi untuk kembali menguji level paritas $1.0000 dan bisa saja terjadi hari ini karena melihat pergerakan dolar yang masih tertekan turun.  

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.