Dolar Melemah Tipis Hari Rabu, Pasar Optimis Pemulihan Ekonomi

Dolar melemah pada hari Rabu, diperdagangkan mendekati posisi terendah dua minggu, karena optimisme atas pemulihan ekonomi global melemahkan permintaan untuk aset lindung nilai ini.

Indeks Dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, turun 0,1% pada 90,343, setelah sebelumnya jatuh ke level 90,332 untuk pertama kalinya bulan ini.

USD / JPY diperdagangkan turun 0,1% pada 104,55, GBP / USD naik 0,1% pada 1,3824, tertinggi sejak April 2018, AUD / USD yang sensitif terhadap risiko naik 0,1% menjadi 0,7749. Sementara EUR / USD tampak tertahan dan ditutup dekat level pembukaan.

Dolar telah melihat penjualan terhadap mata uang utama karena sentimen risiko telah didukung oleh meningkatnya optimisme bahwa dukungan moneter dan fiskal dari pembuat kebijakan, pendapatan perusahaan yang kuat dan prospek bahwa vaksin virus corona dapat mempercepat kembali ke keadaan normal.

“Laporan data tenaga kerja Jumat lalu menunjukkan bahwa, meskipun ada peningkatan pekerjaan baru yang relatif kecil sebesar 49 ribu, tingkat pengangguran terus turun dengan cepat, menjadi 6,3% dari 6,7% pada Desember,” kata analis di Nordea, dalam catatan penelitian. “Dalam beberapa bulan mendatang, kenaikan gaji kemungkinan akan naik secara signifikan, didorong oleh pembukaan kembali restoran baru-baru ini di California dan New York, dan pembatasan kapasitas yang lebih sedikit di negara bagian lain.”

Juga diharapkan untuk membantu prospek ekonomi adalah paket stimulus fiskal senilai $ 1,9 triliun yang direncanakan oleh Presiden Joe Biden, yang sekarang tampaknya akan dilaksanakan dalam menghadapi oposisi dari Partai Republik.

Goldman Sachs meningkatkan prospek ekonomi AS pada 2021 pada hari Selasa, sekarang mengharapkan pertumbuhan produk domestik bruto 6,8% dari 6,6% tahun ini dan pertumbuhan 4,5% pada 2022 dari 4,3%. Bank investasi berpengaruh tersebut mengutip Senat mengeluarkan resolusi anggaran yang membuka jalan untuk persetujuan paket stimulus.

Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan telah memberikan 43.206.190 dosis vaksin Covid-19 di seluruh negeri pada hari Selasa saat program vaksinasi ditingkatkan.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

AS Setujui Vaksin COVID-19 Buatan Johnson & Johnson

Badan Pangan dan Obat-obatan AS (Foods and Drugs Administration/FDA) pada Sabtu (27/2) secara resmi mengizinkan penggunaan vaksin virus corona (COVID-19) yang dikembangkan oleh Johnson...

Harga Emas Terbenam Ditengah Prospek Ekonomi Yang Membaik

Harga emas kembali tertekan aksi jual pada perdagangan New York hari Kamis, ditengah merosotnya indeks saham AS karena imbal hasil obligasi terus melonjak ke...

Biden, Trudeau Bahas COVID dan Ancaman Perubahan Iklim

Presiden AS Joe Biden bertemu secara virtual, Selasa (23/2) dengan Perdana Menteri Justin Trudeau, menandai pertemuan bilateral pertama Biden dengan pemimpin asing sejak menjabat...

Yield Treasury Dorong Penguatan Dólar, Mata Uang Utama Lanjutkan Koreksi

Dolar AS pertahankan kenaikan pada sesi Asia hari Jumat setelah rebound semalam dari posisi terendah   menyusul lonjakan imbal hasil (yield) obligasi AS. Yen, yang...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502