Dolar Mencapai Tertinggi 20 tahun Karena Data Mendukung Fed Yang Agresif

Indeks dolar melonjak ke level tertinggi 20 tahun pada hari Kamis, dan mencapai puncak 24 tahun terhadap yen Jepang yang sensitif terhadap suku bunga, setelah data AS menunjukkan ekonomi yang tangguh, memberi Federal Reserve lebih banyak ruang untuk secara agresif menaikkan suku bunga guna meredam inflasi. 

Mata uang AS menguat setelah laporan pemerintah menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran menurun lebih lanjut minggu lalu, konsisten dengan permintaan yang kuat untuk pekerja dan kondisi pasar tenaga kerja yang ketat. Laporan tersebut juga menunjukkan lebih sedikit PHK pada bulan Agustus, meskipun ada kenaikan suku bunga yang besar dan kuat dari Fed untuk melawan inflasi yang tinggi selama beberapa dekade, yang telah meningkatkan risiko resesi.

Data dari Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan manufaktur AS tumbuh stabil pada Agustus karena lapangan kerja dan pesanan baru rebound, sementara pelonggaran lebih lanjut dalam tekanan harga memperkuat pandangan bahwa inflasi kemungkinan telah mencapai puncaknya.

“Tidak mengherankan bahwa dolar mencapai rekor tertinggi baru pada arus safe-haven dari pelemahan ekonomi global dan karena ekonomi AS yang tangguh membuka jalan bagi The Fed untuk tetap agresif,” kata Edward Moya, kepala analis pasar di Oanda. 

“King dolar telah terbangun dari tidur siang dan itu bisa menyebabkan lebih banyak rasa sakit bagi mata uang Eropa,” katanya.

Ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS 75 basis poin ketiga berturut-turut pada pertemuan Fed 20-21 September meningkat didukung data ekonomi yang solid, dengan dana Fed berjangka terakhir menunjuk ke sekitar 77,1% peluang kenaikan tersebut. Ini membantu mendorong imbal hasil pada benchmark Treasury AS 10-tahun ke level tertinggi lebih dari dua bulan di 3,297.

Perhatian pasar sekarang akan beralih ke laporan nonfarm payrolls AS Agustus, yang akan dirilis pada hari Jumat, yang akan menjadi salah satu poin data utama yang memandu anggota Fed ketika mereka bertemu akhir bulan ini. Pembacaan yang kuat dapat membantu dolar safe-haven menarik lebih banyak permintaan.

“Bahkan setelah mencapai rekor baru, kekuatan USD memiliki ruang lingkup untuk diperpanjang lebih jauh, didorong oleh perlambatan global dan krisis energi Eropa pada khususnya,” kata analis di Generali Insurance Asset Management.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.