Dolar Mencoba Pegang Kendali, Yen Melemah Setelah Keputusan BoJ

0
70

Dolar AS bergerak menguat pada Jumat menjelang rilis data inflasi utama, sementara yen Jepang melemah setelah Bank of Japan (BoJ) pada hari Jumat mempertahankan suku bunga ultra-rendah dan sikap moneter  dovish.

Indeks Dolar terlihat menguat 0,33% ke level 110.720.

Dolar melihat beberapa kekuatan pada hari Kamis setelah penurunan tajam di euro, yang memiliki bobot terberat dalam indeks dollar, setelah Bank Sentral Eropa (ECB) menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin, seperti yang diharapkan, tetapi mengambil nada yang lebih dovish pada prospek tingkat kenaikannya.

Namun, ini mengikuti pelemahan sebelumnya karena ekspektasi untuk poros Federal Reserve ke langkah pengetatan moneter yang kurang agresif telah meningkat. Dengan pemikiran ini, para trader akan fokus pada rilis indeks harga PCE inti, pengukur inflasi favorit The Fed, nanti di sesi untuk petunjuk niat pembuat kebijakan bank sentral pada pertemuan penetapan kebijakan minggu depan. Ini diharapkan menunjukkan peningkatan bulan-ke-bulan sebesar 0,5% pada bulan September, sedikit penurunan dari 0,6% bulan sebelumnya.

USD/JPY naik 0,1% menjadi 146,60 setelah BOJ tidak mengubah target -0,1% untuk suku bunga jangka pendek dan janjinya untuk memandu imbal hasil obligasi 10-tahun sekitar 0%. Bank sentral Jepang, bagaimanapun, merevisi perkiraan inflasi hingga 2024, menunjukkan lebih banyak rasa sakit jangka pendek untuk ekonomi Jepang dan menumpuk lebih banyak tekanan pada mata uang.

EUR/USD naik 0,1% menjadi 0,9969, mendorong mendekati paritas setelah penurunan tajam semalam karena Bank Sentral Eropa mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga yang kurang agresif, menjatuhkan referensi untuk kenaikan suku bunga “selama beberapa pertemuan berikutnya” yang telah direncanakan sebelumnya. pernyataan September.

Ekonomi Prancis tumbuh 0,2% pada kuartal ketiga, pembacaan awal resmi menunjukkan pada hari Jumat, sesuai dengan ekspektasi, tetapi penurunan dari pertumbuhan kuartalan 0,5% yang terlihat pada kuartal sebelumnya.