Dolar Merosot Karena Membaiknya Pandangan Ekonomi Eropa dan Inggris

Dolar AS melanjutkan penurunannya pada hari Senin dan mencapai posisi terendah tahunan terhadap pound Inggris dan dolar Australia karena para trader fokus pada janji vaksinasi virus korona dan prospek pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang dapat mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi.

Indeks dolar AS terakhir turun 0,3% dalam perdagangan sore di New York pada 90,046 dan bahkan hampir sepanjang sesi. Dolar telah mengalami tren turun pada bulan Februari dan sekarang telah menyerahkan kenaikan bulan sebelumnya dan mencatat penurunan sejak Januari 2020 hampir 7%.

Kemunduran dolar terbaru datang dengan menyebarkan keyakinan bahwa AS akan bertindak lebih jauh dari yang diperlukan untuk mendukung ekonomi dengan pengeluaran pemerintah dan kebijakan uang yang mudah dan berakhir dengan inflasi yang terlalu banyak dan terlalu banyak hutang tambahan.

Mencari tanda-tanda bahwa Federal Reserve AS mungkin menjadi kurang dovish dan lebih waspada terhadap inflasi, pasar akan mengamati komentar dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell kepada Komite Perbankan Senat hari Selasa.

Tren turun dolar telah terjadi karena imbal hasil patokan pada catatan Treasury 10-tahun telah naik menjadi 1,37% dari 1,1% pada akhir Januari. Hasil 10-tahun relatif stabil dalam perdagangan pada hari Senin sebelum kesaksian Powell, yang akan masuk ke hari kedua pada hari Rabu sebelum komite lain.

“Dolar terus naik dan turun dengan data AS yang telah melukiskan gambaran beragam dari ekonomi terbesar dunia,” kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions, dalam sebuah catatan pada hari Senin. Kelemahan dalam laporan pekerjaan AS telah merusak reli dolar karena pasar melihat data pekerjaan yang goyah memperkuat komitmen Federal Reserve terhadap suku bunga rendah, Manimbo menambahkan.

Euro naik 0,4% terhadap dolar menjadi $ 1,2162. Data pada hari Senin menunjukkan moral bisnis Jerman naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Februari terutama karena sektor industri yang tangguh di negara itu. Nilai tukar antara euro dan dolar akan bergantung “pada apakah ekonomi AS benar-benar akan mampu mencapai ledakan pasca-lockdown yang lebih kuat daripada Eropa,” kata analis Commerzbank Ulrich Leuchtmann.

Pound Inggris terakhir naik 0,5% menjadi $ 1,4066 dan level tertinggi sejak April 2018 ketika Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan jalan keluar dari penguncian atas keberhasilan relatif Inggris dalam menyediakan vaksinasi COVID-19.

“Kami jelas telah mulai memperkirakan banyak kabar baik,” kata Ned Rumpeltin, kepala strategi mata uang Eropa di TD Securities.

Dolar AS jatuh ke posisi terendah tiga tahun terhadap dolar Australia, yang diuntungkan dari kenaikan harga komoditas. Aussie bertahan hingga $ 0,7917, pada level tertinggi sejak Maret 2018. “Mata uang komoditas dan pound sangat kuat terhadap dolar, dan tren ini tampaknya akan berlanjut,” kata Yukio Ishizuki, ahli strategi valuta asing di Daiwa Securities.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Harga Minyak Tinggi, Arab Saudi dan Rusia Berunding Kembalikan Tambahan Produksi

JAVAFX - Arab Saudi dan Rusia berbicara tentang membawa kembali 1 juta barel per hari online ke pasar minyak, Wall Street Journal melaporkan pada...

Industri penerbangan desak Biden dukung kredensial kesehatan COVID-19

Asosiasi penerbangan, perjalanan, dan kedirgantaraan utama AS pada hari Senin bergabung dengan serikat maskapai mendesak pemerintah Biden untuk membantu menetapkan kredensial kesehatan COVID-19 sementara...

PM Johnson: Pembukaan kembali sekolah langkah menuju kenormalan

Pembukaan kembali sekolah-sekolah di Inggris untuk semua siswa pada Senin akan menandai langkah pertama kembali ke arah normalitas, dan hanya mungkin karena upaya masyarakat...

Biden Tandatangani Perintah Eksekutif Tentang Kesetaraan Gender, Serangan Seksual Kampus

Presiden AS Joe Biden menandatangani dua perintah eksekutif Senin (8/3) untuk menciptakan Dewan Kebijakan Gender dan meninjau perubahan kebijakan serangan seksual di kampus yang...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502