Dolar Sideways Saat Trader Menunggu Data Inflasi  AS

Dolar bergerak datar dan menahan kerugian pada hari Selasa menjelang data inflasi AS yang diharapkan investor mungkin menunjukkan beberapa tanda penurunan, sementara euro naik karena komentar hawkish dari pembuat kebijakan bahwa suku bunga perlu ditingkatkan lebih lanjut.

Euro terakhir naik 0,06% menjadi $ 1,01285, setelah mencapai level tertinggi hampir satu bulan di $ 1,0198 di sesi sebelumnya dan naik 0,76% semalam. Sterling naik 0,01% menjadi $1,1684, setelah naik 0,86% semalam, kenaikan harian terbesar dalam sebulan. Kiwi dan yen juga menambah keuntungan kecil di awal perdagangan Asia terhadap dolar yang lebih lemah.

Data inflasi AS akan dirilis pada 19.30 WIB dan konsensusnya adalah bahwa tingkat inflasi inti bulan lalu telah meningkat 0,3% bulan ke bulan, sama seperti pada bulan Juli. Seperti itu, survei ekspektasi konsumen bulanan Fed New York menunjukkan pada hari Senin bahwa ekspektasi inflasi konsumen AS turun lebih lanjut pada bulan Agustus karena penurunan harga bensin. 

“Hasil CPI akan menjadi sangat penting bagi The Fed … mungkin akan membutuhkan akselerasi, hasil yang kuat dalam CPI, untuk melihat mereka naik 75 basis poin,” kata Kristina Clifton, ekonom senior dan ahli strategi mata uang senior di Commonwealth Bank of Australia. 

“Jika kita mendapatkan pembacaan yang secara luas sejalan dengan apa yang diharapkan oleh konsensus, kita akan mengatakan mereka akan naik 50 basis poin.”

Keuntungan dolar baru-baru ini telah melambat karena ekspektasi pasar bahwa inflasi yang memuncak akan berarti kenaikan suku bunga yang kurang agresif dari Federal Reserve. Seperti itu, survei ekspektasi konsumen bulanan Fed New York menunjukkan pada hari Senin bahwa ekspektasi inflasi konsumen AS turun lebih lanjut pada bulan Agustus karena penurunan harga bensin.

“Jika kita mendapatkan pembacaan yang secara luas sejalan dengan apa yang diharapkan oleh konsensus, kita akan mengatakan mereka akan naik 50 basis poin.” Namun, dana berjangka Fed masih menyiratkan peluang 91% dari kenaikan 75 bp pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal minggu depan. 

Euro telah menikmati jeda di atas paritas berkat suara hawkish dari Bank Sentral Eropa. Pekan lalu, lima sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan suku bunga acuan Eropa bisa naik menjadi 2% atau lebih. Pejabat semalam juga menegaskan kembali pandangan mereka bahwa suku bunga perlu terus meningkat, dan itu akan tergantung pada data yang akan datang.

Institut Ifo, berbalik dari perkiraan tiga bulan sebelumnya, mengatakan pada hari Senin bahwa ekonomi Jerman akan berkontraksi tahun depan karena kenaikan biaya energi.

“Kami jelas melihat penurunan euro daripada kenaikan … kami memperkirakan euro akan turun kembali di bawah paritas dan bertahan cukup lama, terutama sementara semua masalah seputar pasokan energi masih berperan,” kata Clifton. .

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.