Dolar Tertahan, Euro Menuat Karena Sentimen Ekonomi Meningkat

Dolar AS masih tertekan turun dan euro bertahan menguat pada perdagangan Asia hari Rabu karena suasana hati investor cerah setelah survei sentiment yang lebih baik dari perkiraan di Jerman dan pembicaraan belanja besar dari calon Menteri Keuangan Janet Yellen.

Komentar dari Yellen, mendesak anggota parlemen untuk “bertindak besar” pada bantuan coronavirus dan tidak terlalu khawatir tentang utang, membantu meredakan nada penolakan resiko minggu ini dan menjatuhkan indeks dolar dari level tertinggi satu bulan.

Euro memantul dari area support sekitar $1.20500, mendongkrak naik 0,4% untuk berada di level $1.21400, menyusul survei sentiment investor ZEW yang mengalahkan perkiraan dari pemerintah Italia bertahan dari mosi percaya.

“Bias stimulasi dari kebijakan ekonomi pemerintahan Biden yang akan datang sekali lagi menjadi pusat perhatian pasar,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan kepada kliennya. “Namun, perbedaan antara ekspektasi refleksi dan data ekonomi lemah saat ini mungkin akan berlanjut untuk sementara waktu lebih lama,” mereka menambahkan, membatasi sisi atas untuk mata uang seperti kiwi. Joe Biden dilantik sebagai Presiden AS pada siang hari di Washington pada hari Rabu, meskipun para trader lebih fokus pada kebijakannya daripada upacara.

Yen safe-haven dijual dengan membaiknya sentimen dan sempat turun melewati 104 per dolar, serta jatuh terhadap mata uang utama lainnya. Terakhir diperdagangkan pada 103,84 per dolar.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Pemblokiran Akun Trump: Dewan Pengawas Facebook Terima Banding dari Pengguna

Dewan pengawas Facebook Inc. telah menerima “pernyataan pengguna” untuk kasus yang sedang diputuskan tentang apakah perusahaan media sosial itu benar dalam menangguhkan tanpa batas waktu...

Naiknya Prelim GDP AS Kuatkan Dolar Indeks

Data Prelim GDP semalam naik dari 4.0% ke 4.1%. Walau masih di bawah ekspektasinya 4.2%, namun data ekonomi ini di topang oleh data-data ekonomi...

Mahkamah Agung AS Ijinkan Penyerahan Catatan Pajak Trump

Mahkamah Agung (MA) AS, Senin (22/2) membuka jalan untuk diserahkannya catatan pajak Donald Trump kepada jaksa. Keputusan itu menolak upaya terbaru mantan presiden tersebut yang...

Tingkat Pengangguran Inggris Tertinggi dalam Hampir 5 Tahun

Tingkat pengangguran di Inggris meningkat menjadi 5,1% dalam tiga bulan hingga Desember 2020 dari 5% pada periode sebelumnya dan sejalan dengan perkiraan. Angka ini...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502