Dolar Tertekan Kelevel Terendah Sembilan Pekan Terhadap Yen

JAVAFX – Yen Jepang memimpin penguatan safe haven lainnya atas dolar AS pada hari Jumat setelah serangan udara AS di Bandara Baghdad yang menewaskan seorang pejabat militer Iran. Serangan ini memicu ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan mendorong naiknya harga minyak.
Obligasi AS dan emas reli setelah seorang juru bicara milisi Irak mengatakan kepada Reuters bahwa Mayor Jenderal Iran Qassem Soleimani dan komandan milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis terbunuh dalam serangan itu.

Para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa serangan telah dilakukan terhadap dua sasaran yang terkait dengan Iran di Baghdad.

Gold Trading

Dolar melemah 0,50% menjadi 108,00 yen menyusul berita tersebut, menembus beberapa lapisan dukungan grafik dan mencapai level terendah sejak awal November. Euro juga merosot ke level terendah tiga minggu di 120,78 yen.

Yen sering digunakan sebagai pelabuhan yang aman selama masa ketegangan global mengingat status Jepang sebagai negara kreditor terbesar di dunia. Yen berpotensi menekan dolar menuju ke level terkuat pada awal November di level 107.873.

 

 

 

 

Swendy

sumber cnbc.com