Dukungan Bagi OPEC Untuk Lanjutkan Pengetatan Produksi

JAVAFX – Menteri Energi Uni Emirat Arab mengatakan pada hari Minggu (19/05/2019) bahwa dia tidak berpikir negara-negara penghasil minyak harus melonggarkan pengurangan produksi saat ini.

Gold Trading

Suhail al-Mazrouei menyatakan pendapatnya saat berbicara kepada sejumlah wartawan di sela-sela pertemuan produsen minyak utama dunia yang berlangsung di Arab Saudi. Komentarnya ini mengisyaratkan adanya dukungan bagi kartel minyak, OPEC – untuk memperpanjang pengetatan produksi hanya 1,2 juta barel per hari sejak Januari.

“Saya tidak berpikir, sebagai UEA, bahwa hari ini dari kondisi pasar kita melihat bahwa mengurangi pemotongan adalah ukuran yang tepat,” katanya. Dia menambahkan bahwa belum ada kekurangan minyak besar di pasar dari sanksi AS terhadap ekspor minyak Iran dan Venezuela.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang telah berjalan enam bulan ini dicapai pada bulan Desember silam, dimana negara-negara OPEC, termasuk Arab Saudi dan UEA, diperkirakan masih akan memangkas produksi sebesar 800.000 barel per hari sementara negara-negara non-OPEC, termasuk Rusia, memangkas 400.000.

Pertemuan hari Minggu di kota Jiddah di Laut Merah Saudi bertujuan untuk memantau dan melaporkan tingkat kesesuaian negara-negara untuk perjanjian tersebut.

Kelompok itu, yang dikenal sebagai OPEC +, diharapkan untuk memutuskan pada pertemuan pada akhir Juni, berdasarkan pada poin data lebih lanjut, apakah akan memperpanjang pemotongan saat ini ke paruh kedua tahun ini.

Pemotongan di tempat itu bertujuan menopang harga minyak setelah penurunan tajam tahun lalu. Minyak sekarang diperdagangkan di atas $ 70 per barel dan lebih dekat dengan apa yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan anggaran negara di antara produsen Teluk Arab.

Presiden Donald Trump, telah meminta produsen minyak utama Timur Tengah untuk menjaga harga minyak dari kenaikan. (WK)