EIA : Harga Minyak Dunia Tahun Ini Lebih Rendah

JAVAFX – Lembaga Informasi Energi AS, EIA dalam laporan singkat pada Selasa (06/08/2019) menyatakan bahwa harga minyak mentah brent pada bulan Juli rata-rata sebesar $ 64 per barel, hampir tidak berubah dari rata-rata pada bulan Juni 2019. Namun demikian, harga minyak patokan dunia ini $ 10 per barel lebih rendah dari harga pada Juli tahun lalu. Pada semester kedua tahun ini, EIA memperkirakan harga Brent dipasar spot rata-rata $ 64 per barel dan $ 65 per barel pada tahun 2020.

Prakiraan harga minyak mentah yang stabil ini adalah hasil dari ekspektasi EIA terhadap pasar minyak global yang relatif seimbang. EIA memperkirakan inventaris minyak global hanya akan meningkat 0,1 juta barel per hari pada 2019 dan 0,3 juta barel per hari pada 2020.

Untuk minyak mentah domestik, EIA memperkirakan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) akan rata-rata $ 5,50 per barel lebih rendah dari harga Brent selama kuartal keempat 2019 dan pada 2020, menyempit bentangnya dari $ 6,60 per barel selama Juli. Bentang harga yang menyempit mencerminkan asumsi EIA bahwa kendala transportasi pipa minyak mentah dari Permian Basin ke kilang dan terminal ekspor di Gulf Coast A.S. akan mereda dalam beberapa bulan mendatang.

Turunnya harga minyak mentah, ditengah penurunan pasokan itu sendiri. Dalam laporannya, EIA memperkirakan bahwa produksi minyak mentah AS rata-rata 11,7 juta barel per hari pada bulan Juli, turun 0,3 juta barel per hari dari level Juni. Penurunan sebagian besar terjadi di Teluk Meksiko, di mana operator menutup operasional mereka selama beberapa hari pada pertengahan Juli karena Badai Barry. EIA memperkirakan bahwa produksi minyak mentah di Teluk Meksiko turun lebih dari 0,3 juta barel perhari di bulan Juli.

Penurunan tersebut sebagian diimbangi oleh produksi wilayah daratan 48 Lower States, yang sebagian besar produksi minyaknya ketat, di mana pasokan naik lebih dari 0,1 juta barel per hari. EIA memperkirakan pertumbuhan bulanan di bawah 48 produksi di darat akan melambat selama sisa periode perkiraan, rata-rata 50.000 barel per barel per hari per bulan dari kuartal keempat 2019 hingga akhir 2020, turun dari rata-rata 110.000 barel per hari per bulan dari Agustus 2018 hingga Juli 2019. EIA memperkirakan produksi minyak mentah AS akan rata-rata 12,3 juta barel per hari pada 2019 dan 13,3 juta barel per hari pada 2020, yang keduanya akan mencapai tingkat rekor tersendiri.(WK)

 

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Presiden Baru Iran Enggan Bertemu Biden

Iran baru saja memilih Ebrahim Raisi, presiden garis keras yang setia kepada pemimpin tertinggi negara itu dan mengaku enggan bertemu Presiden AS Joe Biden. Raisi...

Usai Bertemu Putin, Biden Bersikap Realistis

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri pertemuan mereka di Jenewa. Biden menggambarkan pertemuan itu berlangsung “baik” dan “positif.”...

Biden Akan Sahkan Penetapan Hari Libur Nasional Juneteenth

Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis (17/6) dijadwalkan menandatangani undang-undang yang menetapkan hari libur federal baru untuk memperingati berakhirnya perbudakan di AS. Hari Kebebasan...

Jelang Penarikan Mundur Pasukan AS, Biden Undang Pemimpin Afghanistan

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan salah seorang tokoh yang memimpin upaya mencapai perdamaian Abdullah Abdullah, akan terbang ke Amerika untuk melangsungkan pertemuan dengan Presiden...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502