Emas Bergerak Ringan

JAVAFX – Berita komoditas di hari Rabu(6/9/2017), emas bergerak ringan masih mempertahankan sisi penguatannya pada perdagangan hari ini meski situasi di Semenanjung Korea masih panas namun harga emas masih bertahan di atas level psikologis $1300 per troy ounce diselingi sesekali dengan maraknya aksi ambil untung sesaatnya.

Jelang peringatan hari pendirian Korea Utara di 9 September nanti, disinyalir bahwa Korea Utara akan melakukan serangkaian uji coba peluru kendali jarak menengah dengan hulu ledak nuklirnya. Kondisi yang memanas seperti ini tentu membuat situasi geopolitik muncul sehingga akan muncul aksi safe haven. AS sendiri meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk memberi sanksi kepada Pyongyang karena terus membandel dengan melakukan ujicoba senjata nuklirnya.

China sebagai sekutu utama Korea Utara selain Rusia, juga dibuat geram oleh tingkah Kim Jong-un tersebut dengan memberi peringatan keras agar Pyongyang tidak terus-menerus melakukan perlombaan senjatanya. Jepang, Korea Selatan dan AS sudah siap sedia dalam menghadapi serangan dari Korea Utara tersebut, bahkan AS akan menggunakan segala daya upaya yang dipunyainya untuk mempertahankan kedaulatannya seperti Guam.

Faktor menantikan data dari the Fed tersebut membuat harga emas kontrak Desember di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex untuk sementara bergerak menguat tipis sebesar $1,00 atau 0,07% di level $1337,80 per troy ounce. Untuk harga perak kontrak Desember di Comex untuk sementara bergerak menguat tipis $0,05 atau 0,30% di level $18,00 per troy ounce.

Penguatan semalam yang masif, tidak berlanjut di perdagangan hari ini karena sikap investor untuk mengambil aksi ambil untung sejenak setelah rally sejak pekan kemarin. Data tenaga kerja AS diharapkan hanya sementara saja turunnya oleh investor, dan sepertinya investor menantikan data Fed’s Beige Book yang akan rilis Kamis dini hari nanti yang merupakan patokan untuk mengambil keputusan suku bunga bagi the Fed yang akan dilakukan 19-20 September nanti.

Patut diwaspadai pembahasan debt ceiling atau plafon hutang AS yang akan diselenggarakan pada Kamis ini, dimana investor juga sedang harap-harap cemas mengenai plafon hutang pemerintah $19 trilyun tersebut, yang bilamana tidak disetujui oleh parlemen maka pemerintahan AS akan tutup, alias shutdown dan kemungkinan besar ekonomi AS akan berhenti dan akan diikuti pula kacaunya ekonomi dunia.

Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, MarketWatch
Sumber gambar: CNBC (.com)

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.