Emas Di Bawah Bayang-Bayang Imbal Hasil Obligasi AS

0
56
Emas

Emas turun sejak perdagangan sesi pagi di Asia, kembali tekanan dan di bawah bayang-bayang kenaikan imbal hasil obligasi AS. Namun, pergerakan emas ke atas ke level tertinggi dua minggu selama sesi sebelumnya membuat emas berada di jalur kenaikan mingguan yang kecil.

Emas berjangka turun tipis 0,04% menjadi $1,731,85. Dolar, yang biasanya bergerak berlawanan dengan emas, justru turun tipis pada hari Jumat.

Imbal hasil Treasury 10 tahun AS naik di atas 1,75% untuk pertama kalinya dalam 14 bulan pada hari Kamis. Kenaikan ini ditengarai oleh Federal Reserve AS yang berjanji untuk melihat inflasi masa lalu. The fed juga mempertahankan suku bunga mendekati 0% hingga setidaknya akhir 2023. Sikap yang diungkapkan dalam hasil pertemuan kebijakan the fed pada hari Rabu.

Sementara itu, data menunjukkan jumlah warga Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran selama seminggu terakhir secara tak terduga naik menjadi 770.000. Analis memperkirakan kliam tunjangan pengangguran sebanyak 700.000 klaim. Sementara itu, sebanyak 7.235.000 klaim telah dilaporkan pada minggu sebelumnya. Namun, perkembangan peluncuran vaksin COVID-19 di AS dapat membuat pasar tenaga kerja negara itu mendapatkan kembali pijakannya saat bisnis mulai dibuka kembali.

Di Jepang, Bank of Japan mempertahankan suku bunganya tidak berubah di 0,10% dalam pernyataan keputusan kebijakannya pada jumat pagi, hari ini.

Di Eropa, Bank of England juga mempertahankan suku bunganya tidak berubah di 0,10% dalam mengumumkan keputusannya pada hari Kamis. Bank sentral mengatakan bahwa meskipun pemulihan ekonomi Inggris dari COVID-19 semakin cepat, para pejabat terbagi atas prospek pemulihan jangka panjang. Komentar tersebut juga memberikan ekspektasi untuk pembalikan langkah-langkah stimulus.

Bank Sentral Eropa mungkin membutuhkan waktu sebelum percepatan yang baru-baru ini disepakati dalam percepatan pencetakan uang, kata Presiden Christine Lagarde pada hari yang sama.

Di sisi penawaran, Swiss pada bulan Februari mengirim emas ke China daratan untuk pertama kalinya sejak September 2020, dengan pengiriman ke India dan Thailand juga berada pada level tertinggi multi-tahun.

Perdagangan logam mulia lainnya, paladium bergerak tipis pada $2.682,68 setelah naik lebih dari 7,3% ke level tertinggi sejak 28 Februari 2020, pada hari Kamis. Nornickel, produsen logam terbesar Rusia, memangkas perkiraan produksi dan memicu kekhawatiran pasokan. Perak turun 0,6% dan platinum turun 0,7%.