Emas Kembali Menguat, Pidato Para Pejabat Fed Menjadi Fokus Pasar

0
147

Harga emas naik tipis meskipun dolar AS rebound. Data inflasi AS yang lebih rendah memicu ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve AS (Fed), sehingga mendorong kenaikan harga logam mulia tersebut. Para pelaku pasar pun memusatkan fokus pada pidato Kashkari, Waller, dan Daly yang akan berlangsung hari ini.

Harga emas kembali bergerak dengan bias positif pada hari ini, diperdagangkan di level 2385 dalam upaya melanjutkan kenaikan di sesi sebelumnya yang didukung oleh data inflasi AS bulan April yang lebih rendah dari perkiraan, yang memicu ekspektasi penurunan suku bunga oleh Fed.

Namun, pendekatan dengan kehati-hatian dari para pejabat Fed pada hari Kamis untuk mempertahankan biaya pinjaman tetap tinggi dan lebih lama menunjukkan bahwa bank sentral AS tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga tahun ini.

Sehingga, sikap bank sentral AS, pada gilirannya, masih dapat mendorong dolar AS menguat secara luas dan melemahkan harga logam mulia turun, karena suku bunga yang lebih tinggi dapat mengurangi permintaan investasi keseluruhan untuk emas yang tidak menghasilkan bunga.

Dengan tidak adanya data ekonomi utama dari AS, pelaku pasar akan memantau pidato para pejabat Fed, yang mungkin menawarkan beberapa petunjuk tentang arah kebijakan moneter Fed ke depan. Kashkari, Waller, dan Daly dari Fed akan berbicara pada hari Jumat.