Emas Komoditas Logam Paling Bersinar

JAVAFX – Secara relatif, harga emas mendekati nilai tertinggi dalam 20-tahun terhadap perak. Hanya paladium, yang banyak digunakan dalam pembuatan mobil, mampu mengungguli emas pada 2019. Gregor Spilker Direktur Riset Energi dari CME Group yang berbasis di London membagi analisanya.

Setelah beberapa tahun jauh dari sorotan, perdagangan emas telah kembali. Kinerjanya dari tahun ke tahun naik hampir 20% karena investor berbondong-bondong ke aset safe haven dalam terang perang perdagangan dan ketidakpastian geopolitik.

Lebih-lebih setelah Federal Reserve berbalik sikap menjadi dovish dan imbal hasil obligasi jatuh di seluruh papan perdagangan, membuat biaya peluang investasi dan memegang emas juga berkurang. Harga emas menembus $ 1.400 per troy ons setelah menembus level resistensinya pada Juni, ini merupakan level yang belum ditembus sejak koreksi harga emas pada 2013.

Kinerja emas pada tahun 2019 terlihat lebih mengesankan dibandingkan dengan logam mulia lainnya seperti perak dan platinum. Hanya satu logam yang berhasil mengungguli emas: paladium telah naik hampir 40% sepanjang tahun.

Berbicara mengenai rasio emas-perak yang menunjukkan berapa ons perak yang diperlukan untuk membeli satu ons emas. Ini adalah barometer yang diikuti secara luas dari harga relatif emas dan perak. Melihat ke belakang selama 20 tahun terakhir, rata-rata rasio emas-perak adalah sekitar 64x (satu unit emas akan membeli 64 unit perak).

Pada akhir September 2019, rasionya berada di 87x, hanya sedikit dari rekor tertinggi sepanjang masa 92x yang tercatat pada Juni 2019. Saat ini, rasionya sekitar 33% di atas rata-rata jangka panjang dan dalam persentil ke-95 – yang berarti bahwa rasionya berada di level ini hanya 5% atau kurang dari waktu dalam periode ini.

Investor yang percaya bahwa pasar akan bergerak kembali ke rata-rata jangka panjangnya secara implisit mendukung perak untuk mengungguli emas di masa depan. Secara historis, rasio emas-perak yang tinggi dikaitkan dengan kinerja berikutnya yang lebih baik antara perak versus emas.

Ketika rasio berada di kuintil terendah yang berarti perak adalah yang paling mahal dibandingkan dengan emas), pengembalian 12 bulan berikutnya untuk perdagangan perak panjang / emas pendek adalah -14%. Sebaliknya, perdagangan yang sama akan mengembalikan 7% ketika rasio berada di kuintil tertinggi (seperti halnya sekarang).

Jika perak adalah adik emas, maka paladium dan platinum lebih menyerupai sepupu jauh. Sebelum 2010, platinum diperdagangkan dengan premi yang sehat untuk emas. Situasinya berlawanan sekarang, dengan harga emas lebih tinggi dari platinum. Perbedaan antara keduanya adalah pada tingkat historis yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan premi lebih dari $ 600 / troy oz. untuk emas di atas platinum.

Permintaan dari sektor otomotif untuk platinum lemah; logam sebagian besar digunakan dalam catalytic converter untuk kendaraan dengan mesin diesel dan permintaan diesel menderita karena industri bergerak menuju mesin bensin dan, pada tingkat yang jauh lebih kecil, kendaraan listrik dan hybrid. Meskipun permintaan industri lebih lemah, murahnya platinum dibandingkan dengan emas dapat menghasilkan lebih banyak minat – baik dari investor keuangan atau dari sektor perhiasan.

Palladium berhasil mengungguli emas tahun ini, meningkat hampir 40% dan dua kali lipat sejak terendah Juli 2018. Untuk pertama kalinya, logam menetap di atas $ 1.600 / troy ons. pada September 2019. Logam ini jauh lebih tergantung pada permintaan otomotif daripada platinum.

Menurut Metal Focus, catalytic converters bertanggung jawab atas 40% dari permintaan platinum, tetapi 80% dari permintaan paladium. Meskipun terjadi penurunan penjualan kendaraan global, pengetatan standar emisi di China dan menjauh dari mesin diesel di tempat lain berarti bahwa permintaan paladium tetap kuat. Pasokan relatif terkonsentrasi di Rusia dan Afrika Selatan dan waktu tunggu untuk setiap proyek pertambangan greenfield lama.

Bagi siapa pun yang mengikuti pasar logam mulia, 2019 tentu merupakan tahun yang menggairahkan, dengan emas menembus level resistance yang telah lama dipertahankan. Nilai relatif antara emas di satu sisi dan platinum atau perak di sisi lain berada pada tingkat signifikan secara historis, menunjukkan kemungkinan peluang perdagangan di kompleks logam mulia. (WK)

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Dolar Tertekan Oleh Yield Treasury Yang Lebih Rendah, Investor Fokus Data Inflasi

Dolar tertekan di dekat posisi terendah 2-1 / 2 minggu terhadap mata uang utama lainnya pada hari Senin karena penurunan imbal hasil Treasury menahan...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Biden Pertimbangkan Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing

Pertikaian politik sehubungan hukum pemilu baru di Georgia memperluas perdebatan apakah Amerika Serikat (AS) akan memboikot Olimpiade musim dingin 2022 di Beijing, China. Juru bicara...

Biden akan Ganti Subsidi BBM dengan Insentif Energi Bersih

Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen, Rabu (7/4), merilis perincian proposal kenaikan pajak yang akan mengganti subsidi untuk perusahaan bahan bakar fosil dengan insentif...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502