Emas Menuju Penurunan Mingguan ke-4, Dolar Pertahankan Penguatan

0
68

Emas bertahan di dekat posisi terendah tiga bulan di sekitar $1.825 per ounce pada hari Jumat dan tampaknya akan mencatatkan penurunan untuk minggu keempat berturut-turut, karena dolar yang menguat terus melemahkan permintaan untuk emas batangan yang dihargakan dalam greenback.

Dolar bergerak stabil di dekat level tertinggi baru 20-tahun pada hari Kamis karena angka inflasi AS yang kuat memperkuat taruhan untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif, dengan prospek ekonomi global yang melemah juga mendorong permintaan safe-haven untuk greenback. Indeks Harga Konsumen (CPI) utama di AS bertahan dekat dengan tertinggi 40 tahun di 8,3% pada bulan April, sementara CPI inti juga berada di atas ekspektasi di 6,2%, memicu kekhawatiran bahwa kenaikan harga dapat bertahan. Bank sentral AS menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin minggu lalu dan pasar memperkirakan kenaikan yang setara pada masing-masing dari dua pertemuan Fed berikutnya pada bulan Juni dan Juli.

Indeks dolar menguat di atas angka 104, melayang tertinggi 20-tahun setelah inflasi AS datang lebih tinggi dari perkiraan, menjaga Federal Reserve di jalur untuk mengetatkan kebijakan moneter secara agresiftingginya angka inflasi di AS memicu kekhawatiran di antara investor bahwa kenaikan harga dapat bertahan dan memicu kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga yang lebih cepat. . Data menunjukkan inflasi mungkin telah mencapai puncaknya, tetapi tidak mungkin mereda dengan cepat dan menghambat rencana pengetatan Fed saat ini.