Emas Naik Ditengah Penurunan Obligasi, Dolar Menguat Tipis

Emas naik sepanjang perdagangan sesi Kamis pagi di Asia. Pergerakan emas stabil karena imbal hasil Treasury AS menurun. Namun, penguatan dolar membatasi kenaikan logam kuning tersebut.

Dolar, yang biasanya bergerak berlawanan dengan emas, juga naik tipis pada hari Kamis. Greenback mencapai level tertinggi baru empat bulan terhadap euro pada hari Kamis, yang muncul sebagai aset safe-haven pilihan karena Eropa tengah berjuang dengan gelombang ketiga kasus COVID-19 dan peluncuran vaksin yang tertunda.

Di AS, permintaan rata-rata untuk lelang obligasi lima tahun pada hari Rabu membuat imbal hasil Treasury AS turun dan stabil setelah imbal hasil acuan mencapai tertinggi satu tahun selama minggu sebelumnya. Obligasi tujuh tahun akan dilelang pada hari ini.

Di sisi bank sentral, garis waktu kapan Federal Reserve AS akan mulai menaikkan suku bunga bergantung pada apa yang terjadi dengan ekonomi, Presiden Fed New York John Williams mengatakan pada hari Rabu. Presiden Fed Chicago Charles Evans juga menambahkan bahwa Fed tidak akan mengurangi akomodasi kebijakan moneter sampai melihat perbaikan yang sebenarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Janet Yellen pada hari Rabu mengatakan bahwa bank-bank AS terlihat cukup sehat untuk diizinkan membayar dividen dan membeli kembali saham selama hari kedua kesaksian Kongres bersama Ketua Fed Jerome Powell.

Yellen tampaknya berbalik arah setelah meningkatkan kemungkinan kenaikan pajak untuk mendanai infrastruktur dan program lain pada hari Selasa.

Emas berjangka naik tipis 0,08% menjadi $1,734.60 per ons. Sementara itu, perdagangan logam mulia lainnya, paladium turun tipis 0,2%, sementara perak naik tipis 0,1% dan platinum naik tipis 0,2%.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Alasan Arab Saudi Jalankan Komitmen Pangkas Produksinya

JAVAFX - Disiplin produksi yang ketat oleh OPEC dan mitranya adalah alasan paling wahid, mengapa harga minyak berhasil melakukan pemulihan yang luar biasa dan...

Harga Minyak Naik, Meski Impor China Mulai Menurun

JAVAFX - Impor minyak mentah China diperkirakan telah turun 8,81 persen bulan ke bulan di bulan Maret menjadi 11,26 juta barel per hari (bph),...

Tunisia beri lampu hijau vaksin COVID Johnson & Johnson

Otoritas Tunisia pada Kamis memberikan lampu hijau untuk vaksin COVID-19 Johnson & Johnson, demikian Menteri Kesehatan Faouzi Mehdi. Negara Afrika Utara itu juga akan menerima...

Biden berencana ungkap tindakan eksekutif terkait pengaturan senjata

Presiden Amerika Serikat Joe Biden diperkirakan pada Kamis mulai membeberkan tindakan eksekutif soal senjata setelah serangkaian penembakan massal di awal masa jabatannya di Gedung...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502